Peringati Harganas Tingkat Provinsi, Abdul Fatah Ajak Masyarakat Budayakan Gerakan Kembali ke Meja Makan

Koba - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 pada Kamis (2/8/2019) di Tugu Ikan Koba Bangka Tengah. Peringatan Harganas 2019 ini mengusung tema "Hari Keluarga, Hari Kita Semua, Cinta Keluarga, Cinta Terencana.
 
Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah membuka secara langsung kegiatan ini. Dalam sambutannya Abdul Fatah mengajak semua khalayak untuk membudayakan gerakan kembali ke meja makan guna mengingatkan pentingnya meluangkan waktu dan berkomunikasi bersama keluarga.
 
Lebih jauh Fatah mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan menciptakan sumber daya manusia yang tangguh melalui konsep ketahanan keluarga sehingga mampu mengambil langkah preventif mencegah timbulnya masalah sosial.
 
"Saya juga berharap bahwa peringatan Harganas ini tidak hanya sekedar seremoni namun paling penting adalah maknanya harus sampai ke masyarakat bahwa ketahanan keluarga merupakan kunci penting dalam menciptakan keluarga yang bahagia sejahtera" jelasnya.
 
Agus Sukiswo Inspektur Utama BKKBN Pusat dalam sambutannya menyebutkan bahwa saat ini kegiatan yang berupaya meningkatkan ketahanan keluarga terus berkembang di masyarakat.
 
"Sebagaimana diketahui 29 Juni 1993 diperingati sebagai Hari Keluarga Nasional karena setiap keluarga memiliki 8 fungsi seperti fungsi agama, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi ekonomi, fungsi pendidikan, fungsi reproduksi,fungsi sosial budaya dan fungsi lingkungan melalui fungsi inilah diharapkan keluarga memahami fungsi tersebut merupakan kesatuan,bila kita implementasikan niscaya akan tumbuh anak bangsa yang memiliki karakter kuat dan kepribadian terpuji apalagi dikondisi yang serba transparan saat ini" jelasnya.
 
Agus berharap kedepannya peringatan hari keluarga bisa dilaksanakan terus menerus agar Hari Keluarga bisa membumi secara bertahap, lebih bisa dirasakan nuansa cinta, nuansa kasih, nuansa sayang antar anggota keluarga sehingga makna hari keluarga bisa dirasakan didalam keluarga di masyarakat.
 
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Melati Erzaldi saat membacakan laporan ketua pelaksana Harganas menyebutkan peringatan Harganas merupakan agenda rutin dalam rangka meningkatkan ketahanan serta kesejahteraan keluarga dengan bersinergi antara BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, Tim TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Pemda dan TP PKK Bangka Tengah sebagai tuan rumah.
 
"Acara ini merupakan puncak rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan mulai tanggal 30 Juli 2019 dengan agenda sosialisasi kanker alat reproduksi, pemutaran film, temu kader, pelayanan KB Cafetaria dan papsmear, Bhakti Sosial santunan ke anak yatim serta pemberian obgyn bed, pelayanan terpadu dan pengobatan gratis, gelar dagang UPPKS/UP2K, jamuan makan malam serta deklarasi genre" terang Melati.
 
Sumber: 
DP3ACSKB
Penulis: 
Lisia Ayu
Fotografer: 
Aisyah Putri, M. Fadholly
Editor: 
Fitra