Peringati Hari Amal Bhakti, Gubernur Minta Jaga Kerukunan Antar Agama Menghadapi Tahun Politik

Pangkalpinang - Memperingati Dirgahayu ke-73 Hari Amal Bhakti Kementerian Agama Republik Indonesia, Kantor Wilayah Kementerian Agama mengadakan upacara di halaman Kanwil Kemenag Babel, Kamis/ 3 Januari 2019.
 
Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Gubernur Babel, Erzaldi Rosman dengan dihadiri para undangan yang terdiri dari jajaran Forkompinda Babel, dengan Pegawai Kanwil Kemenag Babel dan Pelajar sebagai peserta upacara.
 
Dalam sambutan Menteri Agama RI yang dibacakan Gubernur Babel dalam upacara, tema peringatan hari amal bhakti ke-73 tahun ini adalah “Jaga Kebersamaan Umat”.  Menteri Agama juga mengingatkan kembali atas pentingnya jaminan hak beragama kepada seluruh masyarakat Indonesia dalam pelaksanaan Pancasila dan Undang-Undang Negara.
 
Ditemui usai pelaksanaan upacara, Erzaldi  mengatakan pentingnya Kementerian Agama untuk peran dan fungsinya menjaga kerukunan umat beragama mengingat keberagaman yang ada di Babel. Keberadaan ASN diharap dapat mengintrospeksi perlakuan kepada masyarakat walaupun dengan berbagai tantangan untuk tetap profesional. 
 
“Profesionalisme dan intelektual nya harus ditinggatkan agar mampu menangani permasalahan yang ada dengan tetap bersikap elegan,”tegasnya.
 
“Peran semua unsur, tidak hanya Kemenag tetapi juga FKOB dan lainnya diharapkan dapat memfilter hal-hal yang dapat mengganggu kekompakan masyarakat menghadapi tahun politik ini,”ajaknya. 
 
Disinggung tentang program Pemerintah Provinsi yang bersinergi dengan Perwakilan Kementerian Agama Babel, diakui Erzaldi bahwa telah dibicarakan antar kedua pihak tentang beberapa hal dan sedang ditindaklanjuti dan pembahasan lebih lanjut.
“Kami pemerintah daerah sedang berusaha merealisasikan paspor elektronik untuk jamaah haji dan umroh”, ungkapnya. 
 
Hal ini dibenarkan oleh Muhammad Ridwan, Kepala Kanwil Kemenag Babel, bahwa pihaknya akan segera menindaklanjuti beberapa program dengan dukungan Pemerintah Provinsi. 
“Ada beberapa program, salah satunya peningkatan mutu bimbingan dan konseling pra nikah yang direncanakan bersamaan dengan tes bebas narkoba, tetapi baru akan dibahas bagaimana payung hukumnya”, jelasnya.
 
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona Dian Pratiwi
Fotografer: 
Nona Dian Pratiwi
Editor: 
Fitra