Perkembangan e-Commerce di Indonesia saat ini.

Teknologi sangat membantu manusia khususnya dalam mengefektifkan waktu kehidupan sehari-hari. Menurut Ellul dalam (Miarso, 2007) menjelaskan bahwa teknologi merupakan keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia. Efisiensi tersebut bisa dirasakan pada saat ini, misalnya dalam berbelanja.

Belanja online saat ini sangat marak dikalangan masyarakat modern. Mulai dari kalangan remaja hingga tua yang mengerti dengan penggunaan smartphone.  Alasan keamanan pun menjadi faktor utama dalam pemilihan market place agar data rekening pribadi tidak jebol saat transaksi.

Berikut beberapa jenis E-Commerce yang paling sering dilakukan, antara lain :

  • E-commerce consumer to consumer (C2C)

Jenis e-commerce c2c ini dilakukan antara konsumen dengan konsumen. Misalnya, konsumen dari suatu produsen akan menjual kembali produk ke konsumen lainnya. Kalau Anda sering menggunakan Tokopedia, Bukalapak, OLXdan sejenisnya, maka inilah yang dinamakan B2C e-commerce.

  • E-commerce business to business (B2B)

Jenis bisnis B2B ini dilakukan oleh orang atau pihak yang saling berkepentingan dalam menjalankan bisnis, di mana keduanya saling mengenal dan mengetahui proses bisnis yang mereka lakukan.

 

beberapa fitur yang penting untuk e-Commerce :

  1. Keranjang belanja. Keranjang belanja atau cart itu supaya si visitor dapat melihat apa aja yang bisa ia dapat atau misalnya dia bisa menambah atau mengurangi barang belanja dia.
  2. Kupon belanja. kupon belanja itu jadi berupa satu kupon jadi bukan berupa kupon fisik tapi kupon digital. Di kupon itu ada kode, misalnya dia dapat diskon ataupun promo-promo yang ada di Online Shop tersebut. Dan kupon belanja ini bisa menarik perhatian si pelanggan untuk dapat bertahan di Online Shop tersebut.
  3. Fitur pengiriman. Apa itu fitur pengiriman? Jadi si customer bisa mengetahui ongkos kirim dari masing-masing daerah, ataupun dia bisa tracking barang yang dia beli dari Online Shop tersebut.
  4.  Online chat, sebenarnya sangat penting karena di online chat ini, kenapa? Karena semuanya si visitor atau si pelanggan bisa menanyakan semua hal yang ada di Online Shop tersebut, seperti harga, promo, stock barangnya masih ada atau nggak.
  5. Newsletter. kenapa newsletter penting? Karena newsletter ini membuat kita nggak perlu membalas email satu satu. Kirim satu email – kirim lagi – lagi – dan seterusnya. Jadi untuk newsletter ini, Kita sudah set waktunya untuk memberikan promosi kepada pelanggan yang men-subscribe di web kita.
  6. Social media connecting, social media connecting itu supaya visitor dapat melakukan login ke Online Shop kita tanpa melakukan daftar dulu di Online Shop.  Tetapi dia bisa login dengan misalnya Facebook, Instagram, ataupun social media lain. Jadi ketika dia login, sudah terdaftar sebagai member di Online Shop Kita.
  7. Auto publish, itu seperti misalnya kita sudah bikin satu produk di website dan dia otomatis publish ke social media yang kita inginkan,seperti Facebook, Instagram, ataupun Google+, dan social media lainnya juga.
  8. Member area, ini penting agar si pelanggan dia bisa men-track apa saja yang sudah dibeli dari history-history barang belanjaannya dia. Dia juga bisa melihat untuk status pesanannya,  misalnya dari status processing, dia bakal jadi pending payment. Dari pending payment, bisa langsung jadi complete, itu bisa dilihat di dalam member area.
  9. Google Analytics, untuk yang terakhir ini adalah yang sangat penting karena sudah dipakai hampir semua Online Shop ataupun website-website yang sudah terkenal. Di Google Analytics ini kita bisa men-track si visitor dia ke page mana saja, dan kita bisa melihat berapa banyak visitor dalam satu hari itu.

 

Penulis: 
Anna Tiffanie
Sumber: 
Dinas Kehutanan

Artikel

17/07/2020 | Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan RI
29/06/2020 | Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
23/06/2020 | Diskominfo
11/05/2020 | Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
11/05/2020 | Dinas Kehutanan

ArtikelPer Kategori