Personel Persandian Harus Jeli

Pangkalpinang – Noviar Ishak Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menekankan mengenai pentingnya mengoptimalkan penyelenggaran persandian dan meningkatkan jaringan komunikasi antar unit persandian. Langkah tersebut bertujuan mengamankan informasi yang dirahasiakan. Tak hanya itu, sebab pemahaman dan peningkatan kesadaran pengamanan komunikasi informasi perlu dilaksanakan sesuai standar.

"Perkembangan TIK begitu pesat dan perlu disikapi dengan bijak. Personel persandian yang bertugas mengamankan kebijakan pemerintah dituntut betul-betul jeli terhadap permasalahan informasi yang berkembang di daerah,” tegasnya saat membuka acara Sosialisasi Pengamanan Informasi dan Komunikasi VIP 2016, di Hotel Grand Mutiara, Pangkalpinang, Senin (28/3/2016).

Bertindak sebagai narasumber kegiatan ini yaitu, Sugiyono Direktur SUPD II Ditjen Bina Pengembangan Daerah Kemendagri dan Lukman Nul Hakim dari Lembaga Sandi Negara.

Proteksi terhadap informasi yang dikecualikan untuk mengindari hal-hal yang dapat mengganggu penyelenggaraan pemerintah. Untuk itu, jelasnya, personel persandian yang tergabung dalam Asosiasi Persandian Daerah (Adinda) harus jeli melihat informasi. Selanjutnya ada upaya meningkatkan koordinasi pengamanan informasi dan jalur komunikasi strategis di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Diberlakukannya Undang-Undang No 14 tahun 2008 tentang Keterbukan Informasi Publik telah mewajibkan pemerintah bersiap diri menghadapi keterbukaan informasi. Instansi pemerintah wajib menyampaikan semua informasi kepada publik sesuai amanat Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik. Namun ada informasi yang dikecualikan dan informasi tersebut tidak boleh disampaikan kepada publik.

"Suka tidak suka, kita wajib memberikan informasi kepada publik. Tetapi ada informasi yang dikecualikan, seperti informasi yang bersifat rahasia, sangat rahasia, dan bersifat sangat terbatas," tambah Noviar.

Sebelumnya, Mustari Ketua Pelaksana Kegiatan Sosialisasi Pengamanan Informasi dan Komunikasi VIP 2016 mengatakan, acara ini untuk mengoptimalkan fungsi persandian, mengamankan kebijakan pemerintah yang dikecualikan. Adinda diharapkan dapat melindungi infomasi yang tidak boleh dipublikasikan kepada khalayak.

"Mengoptimalkan integritas Adinda dan mengamankan kebijakan pemerintah bidang informasi yang dikecualikan di seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," jelas Mustari.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra