Pertunjukan Adat Ramaikan Festival Jerambah

Sijuk – Jamuan makan bedulang, prosesi adat pernikahan Desa Sungai Padang, lomba ngerisi, kesenian dambus, jalan berandun meramaikan Festival Jerambah (jembatan), Sabtu (5/3/2015). Tak hanya itu, sebab ada juga lomba nimong (kerang), ngelagan, ngemping padi, kesenian campak darat, dayung drom, mancing beluko, lomba ngencari berunok dan kesenian beripat tradisional.

Pentas seni dan budaya adat ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut fenomena alam gerhana matahari total (GMT). Rencananya festival digelar selama sepekan. Sebagaimana diketahui, Desa Sungai Padang merupakan koridor terakhir pariwisata sebelah utara Kabupaten Belitung. Jembatan sepanjang 200 meter menjadi penghubung jalur darat antara ujung utara Kabupaten Belitung Desa Sungai Padang dengan Kabupaten Belitung Timur, yaitu Desa Cendil.

Jembatan yang dibangun tahun 2011-2012 tersebut menjadi kebanggaan masyarakat setempat. Pasalnya setelah diresmikan tahun 2013 lalu, jembatan menjadi salah satu faktor pembangkit kehidupan perekonomian masyarakat Sungai Padang. Budaya adat yang kental di daerah ini menjadi salah satu daya tawar bagi wisatawan. Selain bisa menikmati wisata alam, wisatawan juga bisa menikmati wisata budaya.

"Festival jerambah ini wujud rasa syukur masyarakat dan sebagai bentuk upaya melestrikan adat istiadat, budaya dan seni daerah. Manfaatkan sumber daya alam sebagai sumber kehidupan untuk meningkatkan kesejahteraan dan perkonomian daerah," jelas Sahani Saleh Bupati Belitung saat membuka Festival Jerambah Sungai Padang 3, di Desa Sungai Padang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Sabtu (5/3/2016).

Pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan Festival Jerambah. Sungai Padang sebagai koridor terakhir dari utara yang dapat terus digali potensinya. Apalagi saat ini Festival Jerambah Sungai Padang telah menjadi agenda tahunan pariwisata. Desa ini telah dijadikan salah satu destinasi wisata di Belitung yang tak hanya menawarkan wisata alam, tetapi juga adat, budaya, dan wisata sejarah.

Sektor pariwisata diharapkan berdampak terhadap peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Fadli Pj Kepala Desa Sungai Padang menjelaskan, festival ini merupakan festival ketiga, dengan tema  " the beautiful one". Festival dilaksanakan untuk mensosialisasikan potensi alam desa kepada wisatawan serta melestarikan budaya masyarakat.

Pernyataan senada dikatakan Dedy Ketua Panitia Festival Jerambah. Menurutnya, acara ini merupakan bentuk rasa syukur atas pembangunan Jerambah Sungai Padang. Festival Jembatan itu telah membuat Desa Sungai Padang mudah diakses, sehingga perekonomian masyarakat membaik. Desa Sungai Padang merupakan pintu gerbang pariwisata di kawasan utara Kabupaten Belitung.

“Festival ini menunjukan dukungan warga Desa Sungai Padang untuk pengembangan pariwisata di Kabupaten Belitung. Festival ini diharapkan menjadi agenda tahunan pariwisata di Belitung," harap Dedy.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra