PNS Berperan Penting Menyelenggarakan Pembangunan

Pangkalpinang – PNS berperan penting dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Selain itu PNS juga harus mampu dan profesional dalam penyelenggaraan pelayanan publik secara adil kepada masyarakat.

H Erwandi Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan, PNS harus berkualitas, profesional dan berkompeten. Semua itu diamanatkan Undang-Undang nomor 8 tahun 1974 tentang Pokok-pokok Kepegawaian sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang nomor 43 tahun 1999.

Pengangkatan PNS dalam suatu jabatan, jelasnya, dilaksanakan berdasarkan prinsip profesionalisme sesuai dengan kompetensi, prestasi kerja dan jenjang pangkat yang ditetapkan untuk jabatan serta syarat objektif lainnya.

“Dalam hal ini tanpa membedakan jenis kelamin, suku, agama, ras atau golongan,” kata Erwandi saat Bimbingan Teknis tentang Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan Struktural pada dinas dan lembaga teknis daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Bumi Asih, Rabu (10/4/2013).

Sebanyak 60 peserta mengikuti kegiatan yang dijadwalkan dua hari terhitung, Rabu (10/4/2013) hingga Kamis (11/4/2013 tersebut. Bimbingan teknis yang digelar Biro Organisasi Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini, bertujuan untuk memberikan petunjuk dan arahan penyusunan standar kompetensi jabatan struktural eselon III dan IV pada dinas dan lembaga teknis daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sementara itu, Djoko Sutrisno Deputi Bidang Pengembangan Kepegawaian dari Badan Kepegawaian Negara menjelaskan mengenai pedoman penyusunan standar kompetensi manajerial PNS. Tujuannya ditetapkannya pedoman ini, agar setiap instansi pemerintah dapat menyusun standar kompetensi manajerial di lingkungannya. Sebab sebagai aparatur negara, PNS perlu memahami standar kompetensi teknis dan standar kompetensi manajerial untuk melaksanakan tugas jabatannya.

“Diharapkan seluruh fungsi pemerintahan mengacu kepada prinsip keterbukaan dan dapat dipertanggungjawabkan. Janganlah saudara-saudara sekali-kali melanggar hukum dan sumpah jabatan serta patuhilah sumpah jabatan dan Panca Prasetya Korpri,” tegasnya.(ami/nn)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona D P | Ami