Pojok Baca Sekaput, Nikmatnya Ngopi Sambil Baca Buku

PANGKALPINANG - Warkop Papa dan Balai Kopi di Pangkalpinang mendapatkan fasilitas rak dan sejumlah buku untuk mendukung minat baca masyarakat Bangka Belitung terutama generasi muda. Hal ini merupakan kerja sama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (DKPUS Babel) dan Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Jumat (23/10/20).

Gagasan "Buku Mencari Pembaca" berawal dari MoU Gubernur Erzaldi dengan Universitas Muhamadiyah Babel untuk mengadakan transformasi program perpustakaan berbasis inklusi sosial melalui pojok baca di warung kopi/kafe se-Kota Pangkalpinang. Sehingga, dari kolaborasi tersebut pihak Universitas Muhamadiyah Babel akan menyediakan rak dan DKPUS menyediakan sejumlah buku.

Kepala DKPUS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Asyraf Suryadin menjelaskan bahwa, Pojok Baca Sekaput ini salah satu bentuk pengabdian masyarakat dalam mengembangkan literasi membaca di lingkungan warung kopi/kafe di Kota Pangkalpinang. 

Warkop Papa dan Balai Kopi adalah kafe berikutnya yang disinggahi setelah sebelumnya DKPUS Babel mengunjungi Kafe Ali. Di sini, pengunjung dapat menikmati suasana dan variasi menu sambil membaca buku dengan nyaman.

"Pojok Baca Sekaput ini dapat berpindah ke tempat lain sesuai dengan namanya "sekaput" yang artinya berpindah pindah," ungkap Kepala DKPUS Babel, Asyraf Suryadin. 

Dengan kondisi buku yang mencari pembaca diharapkan semua tempat di Pangkalpinang mempunyai keinginan untuk membuat pojok baca.

"Nanti akan kita evaluasi lebih lanjut dalam satu bulan ini. Sejauh mana jumlah pengunjung dan jumlah pembaca dan mudah-mudahan minat baca masyarakat Kota Pangkalpinang lebih baik lagi," tambahnya.

Sumber: 
DKPUS
Penulis: 
Aliyah
Fotografer: 
Aliyah
Editor: 
Listya