Porprov Ajang Berlaga 1644 Atlet Babel

Beltim – Sebanyak 1644 atlet dari tujuh kabupaten/kota se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berlaga pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IV tahun 2014. Kegiatan olahraga tingkat provinsi yang digelar sejak tanggal 9 hingga 17 September tersebut mempertandingkan 17 cabang olahraga.

Berbagai rangkaian acara ditampilkan saat pembukaan Porprov. Salah satunya yakni, dimeriahkan penampilan tarian kolosal 1001 dan pesta kembang api. Tak hanya itu, sebab panitia juga menampilkan hiburan musik dengan mendatangkan grup band papan atas ibu kota yaitu Coklat.

"Porprov ini ajang persiapan menyambut Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) IX Sumatera 2015 di Bangka Belitung dan Pekan Olahraga Nasional 2016 di Jawa Barat," kata Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung saat membuka Porprov IV, di Stadiun Utama Beltim Pelangi, Selasa (9/9/2014).

Porprov sebagai ajang mencari bibit atlet berprestasi di bidang olahraga. Gubernur mengatakan, selanjutnya atlet berprestasi dikirim mewakili Bangka Belitung pada Porwil 2015. Diharapkan melalui ajang ini dapat mengantarkan Bangka Belitung meningkatkan prestasi di pentas olahraga wilayah 2015 dan PON 2016 mendatang.

"Satu tekad kami yakni, mencari atlet berprestasi dan terbaik pada masing-masing cabor (cabang olahraga-red)," tegas Gubernur.

Hal senada diungkap Suharli Tahor, Ketua KONI Bangka Belitung. Ia menjelaskan, melalui Porprov ini dapat terlihat keberhasilan daerah dalam melakukan pembinaan atlet. Sejauh ini atlet memiliki keinginan untuk memajukan olahraga di Bangka Belitung. Pemerintah dan KONI akan terus mendorong, memfasilitasi serta membina, sehingga atlet dapat meraih prestasi tertinggi.

“Ini terbukti dengan begitu meriah dan lancarnya pembukaan Porprov. Kita ingin lihat bagaimana keberhasilan daerah membina dan menghasilkan atlet berprestasi di tingkat nasional dan internasional. Pemerintah Belitung Timur mampu melaksanakan Porprov lebih baik dari kegiatan sebelumnya," jelasnya.

Sementara Zarkani Mukri, Ketua Panitia Pelaksana Porprov IV mengatakan, pelaksanaan Porprov merupakan tugas berat. Kendati demikian, panitia berusaha sekuat tenaga dan secara maksimal menyukseskan kegiatan ini. Sebab Porprov merupakan ajang pembuktian atlet untuk menunjukan prestasinya. Prestasi harus diraih dengan semangat, perjuangan, jujur, dan sportif.

Sikap atlet harus senada dengan maskot Porprov IV yaitu Tatala atau Tarsius Sejuta Pelangi. Ia menambahkan, Tatala yang sedang memegang erat obor ini menandakan bahwa atlet harus bertanding penuh semangat, jujur dan sportif untuk menghasilkan prestasi terbaik. Panitia ingin Porprov di Beltim sukses dan menghasilkan atlet-atlet berprestasi.

“Selain itu, suksesnya kegiatan ini tak luput dari dukungan masyarakat Beltim. Kepada peserta dari kabupaten/kota kami ucapkan terima kasih atas partisipasinya,” ungkapnya.(rf/*an)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto | Rizky
Fotografer: 
Rizky
Editor: 
Surianto