Porprov IV Babel Ditutup, Sampai Jumpa di Bangka Tengah

MANGGAR - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IV Kepulauan Bangka Belitung 2014 di Kabupaten Belitung Timur yang telah berlangsung selama sembilan hari, resmi ditutup Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada Rabu (17/09/2014) malam.

Gubernur yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ir H Syahrudin MSi mengajak masyarakat dan duta olahraga untuk bertemu kembali di Koba, Kabupaten Bangka Tengah pada Porprov V Babel Tahun 2018.

Memeriahkan event olahraga, menurut Gubernur, merupakan wujud kebersamaan dan kepedulian untuk menggali dan meningkatkan potensi serta perkembangan dunia olahraga di daerah. Peran serta semua pihak, termasuk pemerintah dan masyarakat, menjadi kekuatan yang tangguh dalam menyelenggarakan sebuah pesta olahraga seperti Porprov Babel.

Oleh karena itu, Gubernur menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada semua pihak terutama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur yang telah menjalankan amanahnya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Porprov IV Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2014. Kerja keras Panitia Besar dan sejumlah pihak yang telah memberikan partisipasinya, hendaknya menjadi motivasi untuk memacu perubahan yang lebih dinamis dalam penyelenggaraan event berikutnya.

“Terima kasih kepada Panitia Besar Porprov IV dan tuan rumah yang telah melaksanakan kegiatan ini dengan tertib, aman, lancar dan berprestasi. Ucapan selamat juga disampaikan kepada kontingen yang telah memperoleh medali terbanyak. Dan bagi yang belum berhasil, hendaknya berlatih lebih keras untuk menuju pertandingan dan kejuaraan berikutnya,” kata Gubernur.

Lebih jauh Gubernur Babel mengingatkan kontingen di tiap daerah untuk dapat menyiapkan cabang olahraga renang yang direncanakan akan dipertandingkan pada Porprov V di Kabupaten Bangka Tengah, empat tahun yang akan datang. Cabor ini merupakan pertama kali dilaksanakan selama empat kali penyelenggaraan Porprov Babel.

“Pada Porprov V nanti di Bangka Tengah, ada penambahan cabang olahraga yaitu renang. Hal ini mengingat daerah kita merupakan provinsi kepulauan sehingga sangatlah wajar, renang menjadi salah satu dari cabang olahraga yang layak dipertandingkan dalam event sekelas Porprov,” kata Gubernur.

Gubernur juga menambahkan, konsentrasi olahraga dalam jangka pendek lebih difokuskan pada persiapan menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera 2015 dan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016. Dalam  waktu yang cukup singkat, induk organisasi masing-masing cabang olahraga diminta lebih ekstra mempersiapkan diri melalui peningkatan latihan terhadap cabor yang memiliki potensi prestasi.

Sebelumnya, baik Ketua Umum Panitia Besar Porprov IV Babel Zarkani Mukri maupun Bupati Belitung Timur Basuri Tjahaja Purnama dalam sambutannya sama-sama menyampaikan rasa terima kasih atas ditunjuknya Kabupaten Belitung Timur sebagai tuan rumah penyelenggaraan Porprov IV.

Zarkani secara khusus mengatakan Porprov merupakan titik kulminasi pembinaan prestasi olahraga di daerah, sekaligus gambaran pembinaan induk organisasi olahraga. Dengan terukurnya peningkatan pembinaan potensi dan prestasi olahraga melalui ajang olahraga empat tahunan itu, maka atlet di Bangka Belitung dapat menuju prestasi di tingkat nasional dan internasional.

Sedangkan Basuri Tjahaja Purnama menyampaikan rasa bangganya atas peningkatan prestasi olahraga di Kabupaten Belitung Timur, dengan naiknya urutan perolehan medali kontingen Belitung Timur dari urutan keenam pada Porprov III menjadi urutan kedua pada Porprov IV. “Empat tahun lalu kita peringkat ke enam. Teruslah berlatih untuk meraih prestasi tertinggi di dunia olahraga,” pintanya.

Usai memberikan sambutan, adik kandung Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ini sempat dua kali melantunkan lagu Kebyar-Kebyar untuk menyemangati masyarakat olahraga yang hadir di Stadion Beltim Pelangi.

Tak hanya itu, aksi pantun bersahut pun membahana dari para petinggi negeri. Materi kearifan lokal mewarnai tradisi nasihat tutur rumpun negeri Melayu itu. Berawal dari Ketua Umum Panitia Besar Porprov IV yang juga Wakil Bupati Belitung Timur Zarkani Mukri menjual beberapa pantunnya. Kalau sedare nak mancing ungar, singgah suat di pantai keramat// kalau ade waktu nak nganyau ke Manggar, kami menyambut dengan segala hormat//.

Giliran Bupati Belitung Timur Basuri Tjahaja Purnama membacakan pantunnya. Hati gembira bersama tuan, gembira ria di bawah cahaya purnama// seandainya kita diijinkan Tuhan, empat tahun kemudian kita akan bersama//.

Tak kalah serunya, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili Sekretaris Daerah Ir H Syahrudin MSi turut pula berpantun. Memancing ikan di Tanjung Berikat, ikan didapat langsung dimakan// dengan prestasi atlet Babel yang terus meningkat, target juara umum Porwil 2015 insya Allah kita dapatkan//. Menanam selasih subur semua, pohon delima tumbuh di tengah-tengah// saya ucapkan terima kasih kepada semua, sampai jumpa di Porprov kelima di Kabupaten Bangka Tengah//. (ism/reni)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ismail | Reni
Fotografer: 
Ismail
Editor: 
Ismail