Porwil Sumatera IX Sukses

Penutupan Berlangsung Meriah, Sumatera Diharapkan Jadi Basis Atlet Berprestasi

PANGKALPINANG- Perhelatan akbar Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera IX Tahun 2015 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, resmi berakhir Sabtu malam (21/11).  Dengan demikian, even olahraga se Sumatera ini insya Allah akan kembali digelar 4 tahun mendatang pada tahun 2019 di Bumi Raflesia, Bengkulu.

Malam penutupan  berlangsung meriah dan dihadiri Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, H. Rustam Effendi, SE, Ketua Umum PB Porwil Sumatera IX Kol (Inf) Murlim Mariadi, Ketua Harian PB Porwil IX Sumatera Apik Chakib Rasjidi, Wakil Ketua DPRD Babel Amri Cahyadi, SE, Perwakilan KONI se-Sumatera. 

Ketua Harian PB Porwil, Apik Chakib Rasjidi dalam sambutannya mengatakan, penyelanggaraan Porwil ini, tentunya menjadi harapan dan cita-cita bersama. Porwil  juga dijadikan sebagai arena yang tepat untuk melahirkan bibit olahragawan.  " Mari kita upayakan kedepan Sumatera menjadi basis atlet berprestasi. Saya menyampaikan rasa bangga dan selamat, semoga prestasi ini menjadi motivasi semoga lebih baik kedepan,'' katanya.

Dalam kesempatan ini, Apik juga tak luput menyampaikan haturan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dan turut ambil bagian hingga suksesnya pesta olahraga akbar ini.  "Terimakasih kepada seluruh pihak atas dukungannya, sehingga Porwil bisa di laksanakan dengan aman dan lancar. Ajang ini bukan hanya sebagai ajang Pra PON, tapi juga sebagai ajang silahturahmi, mempertemukan pengurus KONI se-Sumatra. Semoga dari Porwil ini, Babel akan melahirkan atlet-atlet yang sportif," harapnya.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), H Rustam Effendi SE, mengatakan sebagai arena melahirkan atlet berprestasi juga sebagai ajang silahtiurahmi, dalam bingkai negara kesatuan RI.  "Pada kesempatan ini saya sebagai gubernur, sukses dan selamat kepada saudara-saudara yang suskses memenangkan Porwil ini," imbuhnya.

Rustam berharap agar atlet yang mampu menorehkan prestasi dalam Porwil bisa mempertahankannya, guna menghadapi pekan olahraga yang lebih besar lagi.  "Tanpa kerjasama, tanpa koordinasi, saya rasa Porwil ini tidak akan sukses, dan kita berhasil melaksanakannya, selanjutnya kita bertemu di Bengkulu untuk Porwil selanjutnya," pungkasnya.

Usai memberikan sambutan, gubernur langsung menekan tombol sirine pertanda api Porwil dipandamkan, kemudian dilanjutkan dengan penurunan bendera Porwil oleh paskibraka, lalu bendera tesebut diserahkan ke gubernur Babel, yang sudah menunggu di panggung kehormatan.

Sebelumnya, masyarakat juga dihibur dengan penampilan tari kolosal oleh 700 pelajar dan hiburan lainnya.  Kemudian acara berlanjut  dengan defile atlet dari sepuluh cabang olahraga. Selain itu juga ditampilkan Rampak Bedug Rajawali 92 Sat Brimob Polda Babel, cukup memukau ribuan masyarakat yang hadir.

Usai acara ditutup, masyarakat juga disuguhi dengan pesta kembang api yang menerangi langit indah kota Pangkalpinang dan hiburan rakyat dari artis D Academia dan KDI.(fiz)

Sumber: 
PB Porwil
Penulis: 
Fiz