POSSI Promosi Wisata di Bangka Open

Pangkalpinang – Tak sedikit potensi wisata laut di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Salah satunya keindahan alam bawah. Bangka Open 2014 menjadi bagian kegiatan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) mengenalkan potensi tersebut. Selain mencari bibit dan melakukan pembinaan atlet, kejuaraan Finswimming Nomor Laut ini menjadi pintu masuk untuk menggangkat potensi wisata.

Rencananya 33 provinsi se Indonesia akan mengikuti kegiatan bertaraf nasional ini. POSSI tak hanya menggelar kejuaraan finswimming nomor laut di Parai Beach, Sungailiat, Kabupaten Bangka. Sebab terhitung tanggal 19 hingga 20 tersebut juga terdapat rangkaian kegiatan fundive – transplantasi karang di perairan Pulau Simbang.

H Romdani, Wakil Ketua POSSI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, selain mencari bibit altet dan melakukan pembinaan atlet, kegiatan ini juga bertujuan memperlihatkan keindahan alam bawah laut Bangka Belitung. Sebab keindahan alam laut Bangka Belitung tak kalah dengan keindahan alam laut di Bali maupun di Lombok.

Berbicara mengenai kejuaraan finswimming, Romdani menjelaskan, kejuaraan ini merupakan berenang di permukaan air (snorkling) dengan menggunakan masker. Untuk katagori altet junior akan diikuti peserta mulai tingkat SD, SMP hingga SMU/sederajat. “Selain itu ada katagori senior,dan pada katagori ini terdapat beberapa atlet yang sudah mengukir prestasi di tingkat nasional,” jelasnya saat konferensi pers, di Media Center Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (14/4/2014).

Banyak prestasi diraih PB POSSI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selama enam tahun belakangan. Menurut Romdani, tahun 2009 mengirimkan atlet ikut kejurnas finswimming antar pelajar dan mahasiswa tingkat nasional di Jakarta. Selanjutnya di tahun 2011 berbarengan pelaksanaan Sail Belitung berhasil memecahkan rekor Muri bermain catur bawah laut di perairan Belitung.

“Kita juga pernah menenggelamkan kapal di perairan Belitung sebagai upaya menjaga ekosistem laut. Saat ini kapal tersebut sudah ditumbuhi terumbu karang,” ungkapnya.

Sementara Harpiandi Koordinator Lapangan Bangka Open menambahkan, peserta yang diundang dari seluruh Pengprov POSSI. Ada dua katagori perlombaan yaitu, finswimming 5000 meter putra dan putri yang pesertanya merupakan atlet senior. Sedangkan untuk junior atau atlet berumur maksimal 17 tahun mengikuti nomor perlombaan 3000 meter. Adapun peralatan perlombaan di antaranya kaki katak (sirip selam), alat bantu pernapasan (snorkel) dan masker.

Terdapat beberapa persyaratan untuk mengikuti kegiatan ini. Harpiandi mengatakan, sejumlah persyaratan itu antara lain melampirkan foto copy sertifikat selam (sertifikat saku) minimal jenjang snorkel diver, mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan foto copy KTP, kartu keluarga, akte kelahiran, surat keterangan kesehatan dari dokter.

“Setiap atlet harus mempunyai tim manajer, pelatih yang bertanggung jawab atas atlet tersebut. Pendaftaran melalui formulir dan ditandatangani ketua, sekretaris, manager, pelatih atlet yang bersangkutan. Jika tidak, panitia tidak akan memproses pendaftaran,” tegasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Adi Tri Saputra | Rizky
Fotografer: 
Rizky
Editor: 
Huzari