Prediksi, 6000 ‘Pemburu’ GMT Kunjungi Pantai Terentang

Terentang – Diprediksi sekitar 5000 hingga 6000 wisatawan berkunjung ke Pantai Terentang, Kabupaten Bangka Tengah. Kedatangan sejumlah ‘pemburu’ gerhana matahari total (GMT) tersebut bakal memuncak tanggal 9 Maret nanti. Pemkab Bangka Tengah sudah menyiapkan tempat parkir bagi kendaraan wisatawan. Sejumlah suttle bus juga dipersiapkan guna mengangkut wisatawan dari lokasi parkir ke titik pantau.

Zaidi Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Tengah mengatakan, sudah melakukan survei bersama Bupati Bangka Tengah dan beberapa staf Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) ke beberapa titik GMT. Hasilnya, Pantai Terentang menjadi lokasi strategis melihat fenomena alam gerhana dengan baik.

“Pemerintah kabupaten bekerja sama dengan pemerintah pusat dan provinsi berupaya menyukseskan pelaksanaan kegiatan ini. Kabupaten Bangka Tengah juga akan memperkenalkan objek wisata lain kepada wisatawan,” jelasnya saat berada di Pantai Terentang, Kabupaten Bangka Tengah, Senin (7/3/2016).

Lebih jauh ia mengatakan, sejumlah objek wisata yang bakal diperkenalkan seperti wisata Hutan Pelawan di Desa Namang. Selain itu, pemerintah juga berupaya mengembangkan wisata kuliner bekerja sama dengan UMKM dan Dinas Perdagangan. Sedangkan untuk pengembangan wisata pesisi, telah melakukan kerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan.

“Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah berupaya memperbanyak jumlah objek wisata. Untuk menunjang sektor pariwisata, pemerintah akan memperbaiki sarana dan prasarana,” tegasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari
Fotografer: 
Fajrina Andini
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra