Puncak HUT DWP, Sederhana tapi Ada Bazar Mini

PANGKALPINANG - Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-15 Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berlangsung sederhana di ruang pertemuan Kantor Gubernur Babel, Jum'at (19/12/2014).
Pada puncak peringatan kali ini, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi beserta istri menerima potongan tumpeng dari DWP Babel. Selain itu, diberikan juga bingkisan penghargaan kepada dua PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Babel yang telah berjasa mendonorkan darahnya lebih dari 60 hingga 100 kali donor yaitu Miwartono (Kasat Pol PP Babel) dan Hanafi (Sekretaris Dinas Kominfo Babel).
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi dalam sambutannya mengemukakan, perempuan memiliki kedudukan, hak dan kewajiban serta kesempatan yang sama dengan kaum pria untuk berperan di segala bidang kehidupan serta kegiatan pembangunan. Karenanya peningkatan kedudukan dan peran perempuan harus tetap berjalan dalam proses pembangunan di daerah maupun secara nasional.
"Melalui peringatan HUT ke 15 Darma Wanita Persatuan ini, saya berharap dalam upaya mencapai visi dan misi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tentunya tidak terlepas dari peran serta kaum perempuan, terutama yang tergabung dalam darma wanita," ungkap Gubernur Rustam Effendi.
Menurut Gubernur, pemberdayaan perempuan dilakukan melalui beberapa upaya antara lain peningkatan peran serta dan pemberdayaan di sektor prioritas pembangunan yaitu bidang pendidikan, ekonomi dan sosial budaya. Memasukkan dimensi gender dalam studi proses dan tahapan pembangunan. Menginvestasi pembangunan daerah melalui kebijakan out door policy, meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dengan pemerintah dan lembaga-lembaga masyarakat terhadap upaya pemberdayaan perempuan.
"Termasuk pula upaya peningkatan peran serta perempuan di semua tingkat pemerintah, serta mengupayakan penghapusan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak serta penegakan hak asasi manusia," kata gubernur menambahkan.
Dikatakan, DWP sebagai wadah berhimpunnya para istri Pegawai Negeri Sipil mengemban fungsi sosial dalam rangka mendorong peningkatan pemberdayaan masyarakat.
Meski berlangsung sederhana, kegiatan puncak peringatan HUT ke 15 DWP tahun 2014 diisi dengan berbagai penampilan menarik dari keluarga besar DWP Babel, diantaranya paduan suara hingga seni tari kreasi topeng Nini Thowok oleh pemain lokal. Di luar ruangan, sejumlah kerajinan tangan dan berbagai asesoris hingga aneka kosmetik digelar bersama mitra DWP sebagai bazaar mini menyambut kehadiran tamu dan undangan.
Dalam peringatan yang mengangkat tema "Dharma Wanita Persatuan Tanggung Jawab Kita Semua: Tantangan Perempuan di Era Globalisasi", dihadiri Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya, Sekretaris Daerah Provinsi Babel Syahruddin serta para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Babel, tamu dan undangan dari DWP. (reni/ism-tim mc)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Reni | Ismail
Fotografer: 
Reni | Ismail
Editor: 
Ismail