Puncak Peringatan Hari Ibu, Gubernur Erzaldi: Support Agar Suami Bekerja Maksimal

PANGKALPINANG -- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman berharap ibu-ibu selalu memberikan support agar suami bisa bekerja dengan maksimal. Ini didukung perolehan penilaian terbaik indeks pengetahuan keluarga terhadap fungsi keluarga.

"Untuk penghargaan APE, kita merupakan daerah yang memperoleh penilaian," kata Gubernur Erzaldi saat Peringatan Puncak Hari Ibu, di Mahligai Serumpun Sebalai, Senin (31/12/2018). 

Lalu dari sepuluh penilaian, kata Gubernur Erzaldi, tujuh terbaik di antaranya indeks pengetahuan keluarga terhadap fungsi keluarga dan indeks pengayoman tumbuh kembang balita. 

"Ada yang kurang bagus, angka kehamilan tidak diinginkan 21,8 persen di atas rata-rata nasional.  Angka ini akan kita gunakan sebagai pedoman pengambil kebijakan," tambah Gubernur Erzaldi. 

Bersamaan peringatan Hari Ibu kali ini juga dilakukan pelantikan Pengurus Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masa bakti 2018-2023. Pelantikan secara langsung dilakukan Gubernur Erzaldi.

Sementara Kepala DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  Susanti mengatakan, walaupun provinsi pemekaran tapi tidak kalah dengan provinsi-provinsi lainnya. Ini berkat kabupaten/kota dan pemerintah desa se Bangka Belitung sudah melakukan penganggaran responsif gender. 

Sejumlah elemen di Bangka Belitung sudah bersinergi dan bersatu padu. Susanti menambahkan, bahkan dari lintas sektor seperti TP PKK juga berupaya meningkatkan kualitas hidup perempuan dan anak-anak. Diharapkan ke depannya bisa lebih baik lagi. 

"Kita di Bangka Belitung diberikan Allah hadiah. Setelah melalui serangkaian penilaian evaluasi dari tim independen, akhirnya mendapatkan Anugerah Parahita Ekapraya  (APE) Tingkat Madya," kata  Susanti.

Sumber: 
DP3ACSKB Babel
Penulis: 
Lisia Ayu
Fotografer: 
Dolly