Puncak Peringatan Hari Ibu Ke-90 Tingkat Nasional

Pangkalpinang - Acara puncak Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-90 tahun 2018 diselenggarakan di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Hadir dalam acara tersebut Menteri KPPPA RI dan seluruh kepala daerah di Indonesia.  Kepala DP3ACSKB Provinsi Kep.Bangka Belitung Susanti turut hadir dalam rangkaian acara PHI ke-90 yang diselenggarakan selama 2 hari (21-22/12).

Acara yang dilaksanakan oleh Kementerian PPPA Republik Indonesia ini diawali dengan penandatanganan berita acara MOLIN dan TORLIN yang dihadiri oleh Menteri KPPPA RI, Sekretaris Menteri KPPPA RI, Walikota Bukittingi, pejabat PPPA dan pejabat Provinsi Sumatera Barat. MOLIN diberikan kepada 70 kab/kota dan TORLIN kepada 45 kab/kota. Pemberian ini sebagai bentuk nyata pelayanan kepada masyarakat. Menteri KPPPA RI Yohana Yembise mengungkapkan bahwa MOLIN dan TORLIN tetap menjadi prioritas target KPPPA RI di tahun yang akan datang.

“Semua kab/kota yang sudah punya TORLIN dan MORLIN agar mampu menjangkau penanganan kasus yang ada di daerah dan dalam pelaksanaan ini libatkan satgas,” jelas Yohana Yembise. Kemudian Yohana meminta agar semua kepala daerah dan kepala PPPA agar bisa mensukseskan program three ends.

Selanjutnya, pemberian secara simbolis diberikan oleh Menteri KPPPA RI yang dilanjutkan dengan sosialisasi tentang penggunaan MOLIN oleh Sekretaris Deputi Bidang Perlindungan Anak KPPPA RI.

Dalam sosialisasi ini dijelaskan bahwa bahwa MORLIN harus digunakan dalam rangka mendukung fungsi penyediaan layanan bagi perempuan dan anak korban dari tindakan kekerasan.Kementerian juga akan mengadakan evaluasi terkait penggunaan morlin, pemanfaatan morlin,prosedur teknis penggunaan dan pemanfaatan morlin serta torlin di setiap daerah.

Selanjutnya Menteri KPPPA RI Yohana Yembise menyampaikan sambutan Presiden RI Joko Widodo. “Selamat Hari Ibu dan selamat ulang tahun Kota Bukittinggi. Semoga PHI dapat  memberikan wadah untuk kaum perempuan sehingga mampu menjadi agen perubahan. Perempuan harus sadar bahwa ia mempunyai hak dan kewajiban yang sama dengan kaum laki-laki,” kata Yohana Yembise.

Salah satu rangkaian kegiatan PHI ke-90 tahun 2018 adalah pameran hasil industri rumahan dari setiap provinsi di Indonesia. Provinsi Kep.Bangka Belitung sendiri turut berpartisipasi dalam ajang tersebut diwakili oleh Kabupaten Bangka Tengah karena telah menjadi Piloting KPPA sejak 2016 bersama14 kab/kota terpilih dari seluruh Indonesia.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Tasya Eliana
Fotografer: 
Wardiah
Editor: 
Fitra