Rakor Dinas Koperasi dan UKM, Tingkatkan Sinergitas Antar kabupaten/ Kota

PANGKALPINANG - Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Yanuar,SH mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menghadiri Pembukaan Rapat Koordinasi Perencanaan Pemberdayaan Koperasi dan UKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Cordela Hotel, Rabu (18/09).

Didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yanuar menyampaikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini.
Kegiatan yang dihadiri setidaknya 35 orang peserta yang terdiri dari Kepala Dinas , Pejabat Eselon 3 dan 4 serta Kasubbag yang membidangi Koperasi dan UKM Kabupaten/ Kota se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas, sinkronisasi dan harmonisasi program dan kegiatan pemberdayaan UKM di Babel. 

“Semoga pertemuan ini memberikan manfaat bagi peningkatan pembangunan perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat di Babel”, ungkap yanuar

Mengingat pertumbuhan perekonomian Babel yang sedikit melambat, salah satunya disebabkan harga tiket angkutan udara yang meningkat dan sangat mempengaruhi pendapatan UKM di babel. 
Menghadapi masalah perekonomian ini, tentunya pembinaan bidang Koperasi dan UKM sangat penting, agar dapat membangun komunikasi antar Kabupaten/ Kota se Babel. Seperti berupaya menemukan terobosan-terobosan untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Disinggung juga tentang pertemuan IMT-GT di Bangkok, tahun ini Babel akan disinggahi kapal-kapal pesiar, pelabuhan Belinyu dan Tanjung Batu menjadi salah satu persinggahan. 
“Mudah-mudahan dengan kunjungan ini, kita bisa menemukan terobosan untuk UKM-UKM kita dalam berpartisipasi dan mampu berkembang dengan baik”, harapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, perkembangan koperasi dan UKM di era globalisasi seperti pemanfaatan teknologi menjadi kompetisi yang makin ketat, dengan demikian diharapkan koordinasi antar Kabupaten/ Kota dengan keunggulan yang berbeda harusnya terus di upaya kan agar dibekali peningkatan kapasitias SDM, peningkatan kapasitas nilai tambah produksi, memperluas jaringan usaha,
mendorong wirusaha baru, meningkatkan kapasitas akses dan biaya agar mampu bersaing diskala Nasional. 

“Hal ini agar tercapai kesejahteraan masyarakat pelaku UKM, dengan program dan kegiatan yang sinergis antar Kabupaten/ Kota di Babel”, tegasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona Dian Pratiwi