Rakor Forum Gubernur Sumatera 2013 : Percepat Pembangunan Infrastruktur dan SDM Wilayah Sumatera

Pangkalpinang – Percepat pemenuhan kebutuhan infrastruktur strategis seperti infrastruktur perhubungan, infrastruktur energi, penyedian sumber daya manusia yang berkualitas, serta penguasaan ilmu dan teknologi menjadi langkah strategis pembangunan ekonomi wilayah sumatera. Pembangunan infrastruktur, SDM, dan IPTEK menjadi point penting guna mendukung pertumbuhan ekonomi sumatera menjadi lebih baik.

Gubernur Kep. Babel Rustam Effendi , mengatakan Memantapkan Perekonomian Sumatera melalui peningkatan infrastuktur wilayah, sumber daya manusia dan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi tema yang diangkat dalam pertemuan rakor forum Gubernur sumatera 2013.

“Melalui forum ini diharapkan dapat mendorong dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi bersama, sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian dan sosial masyarakat”, ujarnya saat menjadi Ketua Rakor  Forum Gubernur se Sumatera tahun 2013, di Hotel Novotel Bangka Tengah, Rabu (20/11/2013).

“Kita semua berharap dapat mempercepat pembangunan wilayah Sumatera yang lebih baik dan lebih maju, dan beberapa isu dan permasalahan yang kami kemukakan tadi agar dapat menjadi perhatian pemerintah, khususnya dalam mendukung percepatan pembangunan ekonomi koridor Sumatera. Kami memerlukan dukungan dan aksi yang lebih nyata dan cepat” ungkap Rustam Effendi.

Sementara itu, Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan berpesan agar para peserta rakor dapat melanjutkan kerja keras dalam menyukseskan groundbreaking 33 proyek MP3EI di koridor Sumatera sejak akhir Oktober 2013 agar dapat ditindaklanjuti menjadi kegiatan pembangunan yang memperluas lapangan kerja dan menyejahterakan masyarakat kita. Hal ini disampaikan pada saat membuka Rakor Forum Gubernur Se Sumatera Tahun 2013 .

Pada saat yang sama juga, Gubernur se-wilayah Sumatera, sepakat meminta kepada Presiden Republik Indonesia untuk mendukung, Percepatan peningkatan jalan lintas barat Sumatera dan pembangunan Jembantan Mesuji (Provinsi Lampung) – Ogan Komring Ulu (Provinsi Sumatera Selatan), percepatan Pembangunan jalan tol se-wilayah Sumatera, percepatan Pembangunan Jembatan Selat Sunda serta percepatan Pembangunan Pembangkit Listrik di Wilayah Sumatera.

Rapat Koordinasi Forum Gubernur Se-wilayah Sumatera tahun 2013 ini diikuti oleh 150 orang peserta termasuk Gubernur se-wilayah Sumatera, Ketua DPRD  se-wilayah Sumatera, Kepala Bapedda se-wilayah Sumatera daRektor Perhuruan Tinggi se-wilayah Sumatera. Hadir sebagai Narasumber Menteri Kehutanan, Menteri Perhubungan yang diwakili oleh Dirjen Perkeretaapian dan Kepala Batan.

Dari hasil rapat teknis yang dilaksanakan oleh Bappeda dan SKPD terkait serta dengan pihak perguruan tinggi se-wilayah Sumatera pada tanggal 18-19 November 2013, telah dirumuskan beberapa kesepakatan yang perlu dilaksanakan dan didukung bersama, yaitu:

  1. Memperkuat manajemen pengelolaan Badan Penanggulangan Bencana daerah masing-masing provinsi dalam penanggulangan bencana
  2. Mendorong semua provinsi yang memiliki wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil Sumatera untuk melakukan kerjasama pengembangan ekonomi.
  3. Menetapkan pelaksanaan “Visit Sumatera 2015”
  4. Mendorong peran pemerintah dan swasta untuk membangun kawasan industri hilir sesuai potensi daerah.
  5. Mendorong pemerintah daerah menuju kemandirian dan keamanan pangan.
  6. Mendukung provinsi aceh dan atau sumatera utara sebagai tuan rumah PON XX tahun 2020.
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Surianto
Editor: 
Surianto