Rakortek Gubernur 2019, Sinergi dalam Membangun Babel

MANGGAR, BELTIM--Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Gubernur dengan Bupati/Walikota Tahun 2019 di Ruang Rapat Satu Hati Bangun Negeri, Kantor Bupati Belitung Timur, Rabu (16/1/2019). 

Rakortek yang berlangsung selama dua hari, 16 - 17 Januari 2019 ini diharapkan dapat menyatukan persepsi dan mengingatkan sinergi masing masing kabupaten dan kota sehingga pembangunan di Bangka Belitung dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran. 

Rakortek yang mengusung  tema Sinergitas Dalam Rangka Mendukung Potensi Unggulan Melalui Pembangunan Berkelanjutan, selain dikuti bupati dan walikota,  juga diikuti pejabat dari sejumlah instansi dari Pemprov Babel dan dari pemerintah kabupaten dan kota. 

Pembukaan Rakortek  ditandai dengan pemukulan gong oleh Wagub Babel yang didampingi oleh Sekda Babel Yan Megawandi, Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur. Tampak hadir perwakilan Forkopimda Babel dan Forkopimda Belitung Timur dan pimpinan instansi terkait lainnya.

Abdul Fatah dalam arahannya mengatakan terdapat lima permasalah yang dihadapi Babel saat ini yaitu inflasi, kemiskinan, pengangguran, Indeks Pertumbuhan Manusia 2017, serta Gini Rasio. 

Dalam Rakortek Gubernur  ini juga dibahas terkait rencana pembangunan dan aplikasi Simda 2018, sampah plastik, pembangunan perumahan dan pemukiman, serta pernak pernik permasalahan batas wilayah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung .

"Untuk itu hal-hal tersebut dapat  disampaikan dan  dilakukan pembahasan dalam rapat koordinasi teknis masing masing," ujarnya.

Ditambahkannya, melalui  pelaksanaan Rakortek dapat menyatukan persepsi masing masing kabupaten /kota sehingga pembangunan di Bangka Belitung dapat berjalan dengan baik .

Sementara itu Bupati Belitung Timur, Yuslih  Izha Mahendra mengucapkan terima kasih atas dilaksanakannya Rakor Gubernur dengan Bupati/Walikota serta Pejabat Provinsi, Kabupaten dan Kota dan Instansi Terkait se-Provinsi Kepulauan Babel Tahun 2019 di Belitung Timur.

"Terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menunjuk Belitung Timur sebagai tempat pelaksanaan Rakor Gubernur dengan Bupati/Walikota serta Pejabat Provinsi, Kab/Kota dan Instansi Terkait se-Prov.Kep.Babel Tahun 2019.

Sepuluh Desk
Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek)  Gubernur Tahun 2019 ini dibagi menjadi sepuluh desk yang dilaksanakan terpisah, namun masih di lingkungan perkantoran Bupati Beltim. 

Desk 1 terkait pembahasan tentang rencana pembangunan 2020  dan aplikasi SIMDA  dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati. Desk 2 membahas tentang penggunaan Sampah plastik dan TPASR (3 R), desk 4 pembangunan perumahan dan pemukiman  yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan PKK, desk 3 membahas tentang pembangunan infrastruktur yang diselenggarakan di Ruang Rapat Sekda Beltim, membahas tata kelola batas wilayah yang dilaksanakan di Ruang LPSE,

Kemudian untuk 7 membahas pariwisata dan penetapan kalender event 2020 yang diselenggarakan di Ruang Rapat Dinas Pariwisata , desk 8 membahas pembangunan pelabuhan (dermaga) dan konektivitas antar wilayah, desk 9 membahas elektronik sistem administrasi manunggal satu atap E-Samsat dan terakhir desk 10 membahas Kabupaten/kota Layak Anak (KLA) yang diselenggarakan di Ruang Rapat BP4D .

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Mamaq