Rakyat Sebagai Sandaran Kekuatan TNI

Pangkalpinang – Pembangunan kekuatan TNI tetap difokuskan pada modernisasi alat utama sistem senjata (alutsista), pengembangan organisasi, pembangunan sarana dan prasarana terutama di pulau-pulau strategis. Kendati demikian, kekuatan TNI bersandar kepada rakyat dan merupakan bentuk aplikasi pertahanan melibatkan seluruh potensi bangsa.

Kolonel Laut (P) Teguh Gunawan Komandan Pangkalan Laut (Lanal) Bangka Belitung mengatakan, HUT ke 71 TNI kali ini merupakan bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI. Kekuatan TNI bersandar kepada rakyat dan merupakan bentuk aplikasi pertahanan melibatkan seluruh potensi bangsa untuk bela negara.

"Kedekatan dan kebersamaan TNI dan rakyat merupakan inti dan pusat kekuatan dari sistem pertahanan," kata Teguh ketika bertindak sebagai inspektur upacara membacakan amanat Panglima TNI Gatot Nurmantyo dalam pelaksanaan upacara memperingati HUT ke 71 TNI, di halaman Kantor Gubernur, Rabu (5/10/2016).

Pelaksanaan peringatan HUT ke 71 TNI kali ini tidak dilaksanakan terpusat. Ia menambahkan, kegiatan dilaksanakan secara sederhana dipadukan pertunjukan seni mengangkat kearifan lokal budaya, seperti baca puisi, cipta lagu dan tarian daerah setempat. Selain itu mengadakan kegiatan sosial bedah rumah, operasi katarak dan pengobatan massal.

Pembangunan kekuatan TNI, jelasnya, terus dilaksanakan dalam rangka menjaga kesinambungan pembangunan guna menuju pencapaian pembangunan postur ideal. Pembangunan kekuatan TNI tetap difokuskan pada modernisasi alutsista, pengembangan organisasi, pembangunan sarana dan prasarana terutama di pulau-pulau strategis.

“Ini disesuaikan dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis dan ketersediaan anggaran. Pemerintah akan meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI di bidang perumahan dengan mewujudkan pembangunan rumah susun maupun perumahan non dinas melalui program kredit kepemilikan rumah sederhana dan sehat,” jelasnya.

Bertindak sebagai komandan upacara peringatan HUT yakni Mayor PM Laut (P) Leonardo. Usai upacara dilakukan pemberian penghargaan Presiden RI  kepada TNI yang telah melaksanakan tugas selama delapan tahun, 16 tahun, 24 tahun dan 32 tahun. Sejumlah penghargaan tersebut di antaranya, Satya Lencana Kesetiaan dan Bintang Kartika Eka Pakci Nararya.

Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengajak generasi muda mengisi kemerdekaan dengan hal positif agar pembangunan dapat dinikmati bersama. Sebagai generasi penerus harus mampu mengingat perjuangan TNI untuk meraih kemerdekaan. Sekarang tinggal menikmati fasilitas, namun terkadang masih melupakan perjuangan pendahulu.

“Saya harap ke depan TNI semakin kuat, hebat, profesional untuk mewujudkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan negara yang berdaulat di bidang politik, mandiri dan berkepribadian,” ungkapnya.

Sumber: 
Diskominfo Babel
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra