Ramah Tamah Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Komandan Gugus Keamanan Laut Armada Barat

Sekretaris Daerah  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ir. H. Syahrudin mengadakan pertemuan Ramah Tamah dengan Komandan Gugus Keamanan Laut Armada Barat (Danguskamlabar) Laksamana TNI Drs. Ir.Harjo Susmoro, SH, MH, Selasa(29/2/2014) bertempat di Restoran Istana Laut Kompleks Pantai Pasir Padi Pangkalpinang. Selain Sekda, acara tersebut dihadiri oleh Kapolda, Danrem,Kajati, Danlanal, Kepala Bakesbagpollinmas, Kadis Pertambangan dan Energi, Kadisperindag, Pimpinan Bea Cukai, Pimpinan Administrasi Pelabuhan, Pimpinan Sucofindo serta perwakilan Instansi-instansi terkait di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selain bersilaturahmi pertemuan tersebut bertujuan untuk kerjasama dan koordinasi dalam menjaga wilayah perairan NKRI termasuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tentunya.

Sekda memimpin langsung acara ini, beliau mengatakan bahwa Bangka Belitung yang merupakan salah satu provinsi kepulauan terdiri dari 20% daratan dan 80% lautan dengan segala potensi hasil laut, pariwisata, hasil tambang yang tentunya perlu adanya perhatian dan penjagaan khususnya di wilayah perairannya guna mempertahankan keutuhan provinsi ini dan keutuhan NKRI. Kerjasama ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya ancaman terhadap wilayah perairan Babel  dan berkoordinasi dengan Instansi-instansi terkait.

Danguskamlabar  Laksamana TNI Drs. Ir.Harjo Susmoro, SH, MH menyambut luar biasa pertemuan ini untuk memberikan sosialisasi tentang Tugas Pokok Danguskamlabar ini di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang masih merupakan tanggung jawabnya. Beliau memaparkan tugas dan tanggung jawabnya untuk menjaga keamanan di wilayah Indonesia Bagian Barat termasuk Provinsi Babel ini. Dalam menjalankan tugas tersebut sangat diperlukan koordinasi, sinergi, dan kerjasama dengan Instansi terkait agar sesuai dengan peran masing-masing dan yang terpenting adalah tidak bersinggungan sehingga dapat terwujudnya stabilitas dan keamanan di wilayah itu. Oleh sebab itu beliau mengatakan bahwa persoalan di wilayah perairan Babel ini tidak semata-mata diserahkan kepada TNI AL saja namun diperlukan komitmen dan partisipasi aktif dari semua stakeholder.   

Kapolda Babel Brigjen Pol Gatot Subiyaktoro dan Danrem 045 Kolonel Inf. Untung Budiharto mengapresiasi kegiatan ini, dan menambahkan bahwa memang perlunya koordinasi masing-masing instansi sehingga dalam menjalankan tugas di provinsi ini sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing Instansi sehingga terwujudnya tujuan bersama. Sementara itu Kajati Babel Hidayatullah, SH, MH menambahkan dalam berkoordinasi tersebut perlu diadakannya suatu Forum Bersama untuk membahas masalah ini. Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitungpun siap memfasilitasinya dan akan berkoordinasi  dengan Gubernur.

Pada Akhir acara Sekda Babel menutup acara ini dan dilanjutkan dengan Santap Siang bersama untuk lebih mengakrabkan suasana.

Sumber: 
Humas Prov. Kep. Babel
Penulis: 
Yohanes
Fotografer: 
Yohanes
Editor: 
Yohanes