Rapat Paripurna DPRD Provinsi Kep. Bangka Belitung Perihal Usul pemberhentian dan Pengangkatan kepala daerah dan wakil kepala daerah

Pangkalpinang -  Rapat Paripurna dengan agenda utama perihal pengambilan keputusan DPRD kepulauan bangka belitung tentang usulan pemberhentian almarhum H.Ir. Eko Maulana Ali sebagai gubernur kepulauan Bangka Belitung masa jabatan 2012-2017 dan sidang paripurna pengambilan keputusan DPRD tentang usul pemberhentian dan pengangkatan wakil gubernur H. Rustam Effendi, B.Sc menjadi gubernur kep. Bangka Belitung masa jabatan 2012 – 2017 yang akan disampaikan kepada presiden RI melalui kementerian dalam negeri hari ini, 26/8 digelar.

Rapat paripurna siang itu dipimpin oleh ketua DPRD kep. Bangka Belitung, Didit Srigusjaya. Adapun dasar konstitusi   -- tentang usul pemberhentian Alm. Ir. Eko Maulana Ali sebagai gubernur kepulauan Bangka Belitung masa jabatan 2012-2017 dan pemberhentian dan pengangkatan wakil gubernur H. Rustam Effendi, B.Sc menjadi gubernur kep. Bangka Belitung masa jabatan 2012 – 2017 -- sebagaimana yang dibacakan oleh pimpinan sidang, Didit Srigusjaya siang itu mengacu pada dasar konstitusi

UU No. 32 tahun 2004 pasal 29 ayat 1 perihal pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah berbunyi “ kepala daerah dan atau wakil kepala daerah berhenti karena :

Meninggal dunia
Permintaan sendiri
Diberhentikan

Pasal 29 ayat 3 berbunyi “ pemberhentian kepala daerah atau wakil kepala daerah sebagaimana dimaksud pada ayat 1 huruf a dan huruf b serta ayat 2 huruf a dan huruf b diberitahukan oleh pimpinan DPRD untuk diputuskan dalam rapat paripurna dan diusulkan oleh pimpinan DPRD.
Dengan mengacu pada UU diatas, wakil gubernur kepulauan Bangka Belitung juga telah menyampaikan surat kepada ketua DPRD provinsi kep. Bangka Belitung No: 171/247/I/2013 tanggal 16 agustus 2013 perihal usul peresmian pemberhentian gubernur dan pengangkatan wakil gubernur sebagai gubernur.
UU No. 32 tahun 2004 pasal 42 ayat 1, UU No. 27 tahun 2009 pasal 293 ayat 1 yang terkait perihal tugas dan wewenang DPRD

Usai pembacaan usul pemberhentian almarhum Ir. Eko Maulana Ali sebagai gubernur kepulauan Bangka Belitung dan sidang paripurna pengambilan keputusan DPRD tentang usul pemberhentian dan pengangkatan wakil gubernur H. Rustam Effendi, B.Sc menjadi gubernur kep. Bangka Belitung masa jabatan 2012 – 2017 kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surat Keputusan DPRD provinsi kepulauan Bangka Belitung No : 30/ DPRD /2013 tanggal 26 Agustus 2013 perihal Surat Keputusan usulan tentang pemberhentian almarhum H.Ir. Eko Maulana Ali sebagai gubernur kepulauan Bangka Belitung masa jabatan 2012-2017 dan pembacaan Surat Keputusan DPRD No.32 /DPRD/2013 tanggal 26 Agustus 2013 tentang usulan pemberhentian H. Rustam Effendi, B.Sc sebagai wakil gubernur kep. Bangka Belitung dan usul pengangkatan H. Rustam Effendi, B.Sc  sebagai gubernur kep. Bangka Belitung masa jabatan 2012 – 2017 yang bacakan oleh sekretaris dewan kep. Bangka Belitung, H. K.A Tajuddin dan sidang dilanjutkan dengan acara penandatanganan.

Hadir dalam rapat paripurna siang itu, Plt. gubernur kep. Bangka Belitung, sekretaris daerah pemerintah provinsi, FKPD dan pejabat esselon II di lingkungan pemprov Bangka Belitung. (kr/sm)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Stevani
Editor: 
Stevani