Rayakan HUT IPI, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Babel Adakan Webinar Pustakawan Masa Lalu, Kini, dan Yang Akan Datang

PANGKALPINANG - Sejumlah pustakawan di lingkungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyaksikan web seminar berskala internasional yang diselenggarakan oleh Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) dalam rangka HUT IPI ke-47 dan Hari Pustakawan Indonesia tahun 2020, (7/7/2020) Selasa pagi.

Mengambil tema "Pustakawan: Masa Lalu, Kini, dan Yang Akan Datang", kegiatan ini dibuka oleh kepala perpustakaan nasional dan menghadirkan Presiden International Federation Of Library Associations and Institutions atau IFLA serta pakar/akademisi/praktisi kepustakawanan.

Selain memaparkan kilas balik organisasi pustakawan di Indonesia dan hari jadinya, narasumber Sulistyo Basuki sebagai Pembina PP IPI juga mengemukakan pendapatnya tentang masa depan pustakawan dari sudut asosiasi pustakawan pada masa mendatang dari sudut pandang IPI.

"Seiring kemajuan perkembangan pustakawan Indonesia, berkat teknologi informasi dan komunikasi jaringan antara pusat dengan daerah makin lancar, terutama pada tataran provinsi,"  ungkapnya.

Selanjutnya, pada masa mendatang perlu pemikiran ulang tentang keanggotaan yang mencakup juga perpustakaan sebagai anggota disamping anggota perorangan.

Sementara itu, Presiden IFLA, Christine Mackenzie mengatakan suatu asosiasi perpustakaan sangatlah penting, dengan membangun asosiasi perpustakaan yang kuat adalah cara kita menjadi pustakawan yang kuat dan hebat.

Menanggapi HUT IPI ke-47, Ketua Ikatan Pustakawan Bangka Belitung, Asyraf Suryadin menyampaikan harapan kepada para pustakawan di Bangka Belitung."Pustakawan akan menjadi pekerjaan yang lebih profesional lagi dan dapat memperbaiki citra diri dan bermanfaat sehingga lebih bisa menimbulkan minat baca bagi masyarakat," ungkapnya.

Sumber: 
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan
Penulis: 
Aliyah Fitri
Fotografer: 
Aliyah Fitri
Editor: 
Listya