Relawan Demokrasi Bantu KPUD Bangka Mensosialisasikan Pemilu Kepada Masyarakat

Sungailiat - Dalam rangka mensosialisasikan dan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pelaksanaan Pemilu 2019, KPUD Kabupaten Bangka telah melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat di wilayah Kab. Bangka dengan melibatkan sejumlah relawan yang tergabung dalam relawan demokrasi.

Demikian diungkapkan Bisma Hidayat,S.Sos selaku Subag Teknis dan Hupmas KPUD Kab. Bangka dalam wawancaranya dengan tim babelprov.go.id pada Senin (08/04) di kantor KPUD Kab.Bangka di Sungailiat.

Dia menyatakan keterlibatan relawan demokrasi dimaksudkan guna membantu KPUD dalam mensosialisasikan dan meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pemilu dan upaya mencegah pelanggaran dalam pemilu khususnya terkait pelanggaran atas praktik money politik yang rentan terjadi jelang pemilu.

“ Selain kami yang terjun langsung ke masyarakat memberikan sosialisasi, kami juga dibantu oleh relawan yang tergabung dalam relawan demokrasi untuk membantu meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya dalam membantu mencegah terjadinya money politik,”jelas Bisman

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan bersama  tim relawan demokrasi difokuskan pada beberapa kategori kelompok pemilih seperti basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda; basis pemilih kaum perempuan; basis pemilih penyandang disabilitas; basis pemilih berkebutuhan khusus; basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marjinal, basis komunitas; basis keagamaan serta basis pemilih warganet/netizen.

Selain dukungan relawan, diungkapkan Bisman sosialisasi juga dilakukan melalui media massa dan hingga saat ini sosialiasi sudah terlaksana 90% di hampir semua kecamatan di wilayah Bangka.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Editor: 
Fitra