Rencana Besar Gubernur, SMKN 3 Pangkalpinang Harus Siap Hadapi DUDI

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, kembali menunjukkan perhatiannya terhadap dunia pendidikan di Bumi Serumpun Sebalai. Ia ingin memastikan, para siswa/siswi di setiap sekolah dapat bersaing dengan dunia industri selepas dari menempuh dunia pendidikan.

Kali ini, orang nomor satu di Babel tersebut mengunjungi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Pangkalpinang, di Kecamatan Girimaya, Pangkalpinang, Rabu (24/11/2021). Dalam kunjungan kerjanya yang didampingi Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Babel Ervawi, Gubernur Erzaldi memantau kesiapan sekolah tersebut untuk mencetak generasi yang mumpuni.

Satu per satu ruang praktik maupun ruang belajar para siswa di empat jurusan seperti Perhotelan (PH), Tata Boga (TB), Usaha Perjalanan Wisata (UPW), dan Tata Busana (TBS), ditinjau oleh Gubernur Erzaldi. Saat itu pula, ia memberikan berbagai masukan kepada pihak sekolah berkenaan dengan peningkatan kualitas standar operasional pendidikan, maupun standar pengajaran kepada pelajar.

Usai kunjungan, Gubernur Erzaldi mengungkapkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel sedang gencar meningkatkan seluruh komponen yang berkaitan dengan pariwisata, salah satunya ialah perhotelan. Sebab, pemerintah sedang berupaya menghidupkan kembali sektor yang sempat lama 'tertidur' akibat gelombang Pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir.

Ia pun menyimpan harapan besar, dan telah merancang rencana besar bagi SMK Negeri 3 Pangkalpinang, dan untuk direalisasikan. Ia berjanji, dalam beberapa bulan ke depan akan kembali ke sekolah perhotelan itu guna meninjau perkembangan proyeksi yang telah diberikan kepada pihak sekolah.

"Kunjungan kami hari ini dalam rangka mengevaluasi, terus ingin mengembangkan SMK 3 Pangkalpinang ini menjadi lebih matching dengan DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri). Kita ingin SDM dari SMK ini betul-betul kita didik sesuai dengan apa yang dibutuhkan DUDI, seperti kurikulum, dan tempat praktiknya apakah sudah sesuai dengan DUDI," ujarnya.

Selama kurang lebih dua jam kunjungannya itu, Gubernur Erzaldi merasa kagum dengan kesiapan sekolah secara infrastruktur, walaupun tetap harus dilakukan upgrade sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan dunia industri saat ini. Begitu pula kesiapan pengembangan mental dan karakter para siswa. Terlebih, siswa/siswi SMK Negeri 3 Pangkalpinang banyak dicari oleh perusahaan sektor pariwisata, baik perhotelan, maupun perusahaan tiket untuk diikutsertakan dalam program magang.

"Tadi saya melihat keberadaan anak-anak, karakter-karakter mereka, cara berbicaranya, dan sebagainya. Ini terus kita kembangkan, upgrade kemampuan mereka. Tentunya tidak saja meng -upgrade kemampuan fasilitas sekolah, tetapi juga meng -upgrade kemampuan guru-gurunya," ungkapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Rangga
Fotografer: 
Umar
Editor: 
Lisia Ayu

Berita

23/02/2021 | Dinas Kominfo
103,216 kali dilihat
15/08/2019 | DP3ACSKB
46,820 kali dilihat
17/12/2018 | Dinas Kominfo
35,950 kali dilihat
13/07/2017 | Dinas Kominfo
19,140 kali dilihat
24/08/2016 | Diskominfo Babel
13,406 kali dilihat
06/05/2015 | Dinas Kominfo
11,802 kali dilihat
26/10/2017 | Dinas Kominfo
10,310 kali dilihat