Resmikan DC, Gubernur Erzaldi Rosman Ingin Program Berkah Mart Berikan Kemudahan dan Manfaat Bagi Masyarakat

PANGKALPINANG - “Ayo kita bekerja sama untuk kesejahteraan masyarakat kita,” ungkap Gubernur Erzaldi Rosman saat hadir dalam Grand Opening Distribution Centre (DC) Berkah Mart Bangka Belitung pada Jumat (21/02/2020). Kehadiran Gubernur Erzaldi Rosman ini sekaligus meresmikan DC sebagai distributor tunggal untuk toko-toko Berkah Mart yang tersebar di tiap desa di seluruh Kep. Bangka Belitung. 

DC yang beralamat di Jl. Air Mangkok No. 44, Kelurahan Bacang, Kecamatan Bukit Intan, Pangkalpinang ini telah beroperasi selama tiga bulan untuk menyuplai stok barang di toko Berkah Mart yang telah berdiri sejak 2018 lalu. Hingga akhir 2019, setidaknya 80 toko Berkah Mart telah beroperasi di Babel. 

DC merupakan program dari BUMD Prov. Kep. Babel, yang dikonsep secara detail oleh BUMD sejak Gubernur Erzaldi Rosman mencetuskan ide pembangunan Berkah Mart. DC bertujuan untuk memotong mata rantai perdagangan barang kebutuhan masyarakat, khususnya bahan pokok seperti beras dan sebagainya yang diretail di otlet Berkah Mart. 

Prof. Saparuddin, Phd, Direktur BUMD Kep. Bangka Belitung dalam kesempatan ini menyampaikan progres dari program Berkah Mart. Menurutnya, BUMD ditugaskan langsung oleh Gubernur Erzaldi Rosman untuk membangun market place di desa. 
“Terbentuk sinergi yang sangat luar biasa atas penugasan ini, karena bisa membuka pasar di desa yang dikelola dan dimiliki sendiri oleh desa di bawah pengelolaan BUMDes yang terkoneksi ke BUMD Prov. Kep. Babel,” ungkapnya. Ia juga berterima kasih kepada Gubernur Erzaldi Rosman atas ide ekonomi syariahnya. 

“Kami melangkah hingga hari ini sebab pesan Gubernur Erzaldi Rosman tahun lalu untuk mencoba melangkah, karena jika tidak dimulai, maka kita tidak akan tau kekurangan-kekurangannya,” ungkapnya. 

Dihadiri oleh hampir seluruh stake holder Berkah Mart seperti dinas-dinas pada pemprov, mitra-mitra, institusi perbankan BRI Syariah , Lembaga Wakaf Prov. Kep. Babel dan nasional, para kepala desa dan Pimpinan BUMDes Management serta management Berkah Mart di desa, Gubernur Erzaldi Rosman dalam sambutan sekaligus peresmian DC ini bercerita bahwa Berkah Mart dimulai sejak 2017.
“Mulanya dana bantuan kami sampaikan kepada BUMDes dan diwajibkan untuk membangun pasar di desa,” ungkap Gubernur Erzaldi Rosman. 

“Di tahun 2018 kami mengevaluasi kekurangan demi kekurangan hingga menggandeng beberapa stake holder yang luar biasa hingga, saat ini Berkah Mart berjalan lancar,” ungkapnya. 

Dalam kesempatan ini juga disampaikan pesan kepada masyarakat yang hadir untuk aktif terhadap pemasaran produk yang diproduksinya, agar dipastikan berkualitas baik dengan lisensi-lisensi yang harus diurus.
“Saya sarankan produk-produknya dijual di DC agar bisa disebarkan penjualan nya se-Babel melalui Berkah Mart,” ungkapnya. 

Di lokasi peresmian, disediakan juga lapak dari Bulog yang menyediakan daging kerbau beku dan lapak BRI syariah dengan tagline 'Solusi Kuat yang Amanah dan Pembiayaan Mikro'.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nonadp
Fotografer: 
Iyas zi
Editor: 
Listya