Rilis Bersama Data Sensus Penduduk 2020

AIR ITAM - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah menghadiri kegiatan Rilis Bersama Data Sensus Penduduk 2020, Data Administrasi Kependudukan 2020 Menuju Satu Data Kependudukan Indonesia dan Launching Website Hasil SP 2020. Kegiatan dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, di Ruang Rapat Wakil Gubernur Babel, Kamis (21/1/2021).

Berdasarkan hasil sensus penduduk 2020, jumlah penduduk Indonesia adalah 270.203.917 jiwa, dengan persentase 50,58% penduduk laki-laki, dan 49,42% penduduk perempuan.

Wagub Abdul Fatah mengucapkan syukur atas peluncuran data kependudukan dari hasil sensus penduduk 2020. Harapannya, Pemprov. Babel dapat bersinergi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Babel untuk mendukung Indonesia menuju satu data. 

"Mari wujudkan satu data kependudukan antara BPS dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Babel, agar optimal dan tepat sasaran untuk menuju Indonesia maju," ujarnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Muhammad Hudori mengungkapkan bahwa, ini merupakan rilis pertama yang dilakukan antara BPS dengan Kemendagri. 

"Ini merupakan wujud sinergi yang dilakukan sejak persiapan Sensus Penduduk (SP) 2020 untuk membangun kepercayaan publik dan menuju satu data Indonesia," jelasnya.

Dituturkannya, berdasarkan Pasal 58 Ayat (4)Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan, data kependudukan Kemendagri digunakan untuk semua keperluan antara lain, pelayanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi, dan penegakan hukum serta kriminal.

Dirinya berharap, sinergitas dan sinkronisasi data kependudukan dapat berlanjut untuk mewujudkan satu data Indonesia.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala DP3ACSKB Babel, Susanti; Kabid Kependudukan dan Pencatatan Sipil DP3ACSKB Babel, Amarullah; dan Kabid Statistik Sosial BPS Babel; Harjo Teguh.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Lisia Ayu
Fotografer: 
Natasya
Editor: 
Dini