Rivai Buka Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia Daerah 2019

 
Sungailiat - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel), Rivai membuka ajang pemilihan Putri Pariwisata Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2019, di Parai Beach Resort & Spa, Sungailiat, Bangka, Rabu (10/4/2019).
 
Rivai mengatakan bahwa pemilihan Putri Pariwisata Daerah merupakan salah satu upaya peningkatan sumber daya pariwisata sekaligus sebagai duta-duta pariwisata Bangka Belitung.
 
“Dalam ajang ini, para puteri Bangka Belitung bersaing secara positif untuk ikut ambil peran sebagai generasi muda, sesuai bidangnya. Melalui ajang ini juga, kita ingin meningkatkan kualitas sumber daya pariwisata kita, yang nantinya dapat mendukung Pemerintah menggaungkan kepariwisataan Bangka Belitung,” kata Rivai.
 
Rivai juga menyampaikan bahwa kebermanfaatan seorang manusia dalam hal ini Putri Pariwisata, berdampak besar bagi suatu kesuksesan kepariwisataan.
 
“Manusia yang baik adalah manusia yang memberikan manfaat bagi sekitarnya. Dalam hal ini, seorang Putri Pariwisata dapat menjalankan peran sesuai kapasitasnya dalam berbagai hal positif yang bermanfaat. Perannya yang dijalankan dengan sungguh-sungguh berdampak besar bagi kepariwisataan Bangka Belitung,” katanya.
 
Sementara pendiri Yayasan El John Indonesia, Johnnie Sugiarto sebagai event organizer mengatakan bahwa karakter menjadi poin utama dalam mencari sosok yang tepat seorang pemenang.
 
“Selain sejumlah kriteria yang telah ditentukan, karakter yang baik akan menentukan kriteria lainnya. Baik karakternya, maka akan baik pula kriteria lainnya. Kriteria yang baik juga akan menuntun seorang Putri Pariwisata dalam menunaikan tugasnya nanti,” kata Johnnie pada kesempatan yang sama.
 
Johnnie juga menyampaikan bahwa saat ini Indonesia sudah menjadi ambasador kepariwisataan dunia.
 
“Pemilihan putri-putri ini adalah sesuatu yang besar. Putri Pariwisata sendiri sudah hampir 11 tahun dilaksanakan. Sekian kali kita kirimkan delegasi Indonesia ke ajang kepariwisataan dunia dan menang. Sampai saat ini putri-putri kita bahkan diundang negara lain untuk mempromosikan kepariwisataan mereka,” sampainya.
 
Kepada para peserta, Johnnie berpesan untuk memberikan yang terbaik dalam pemilihan ini.
 
“Untuk menjadi pemenang, tidak dengan mengalahkan orang lain. Dengan melakukan yang terbaik, itu lah pemenangnya. Kalian harus saling mendukung dan menyemangati satu sama lain. Itu salah satu hal terbaik yang dapat kalian berikan,” pesannya. 
 
Ardhelia Putri Salsabila finalis asal Belitung Timur (18) mengatakan bahwa keinginan ikut berkontribusi dalam kepariwisataan menjadi motivasi dirinya ikut pemilihan Putri Pariwisata Daerah Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 2019.
 
“Saya sehari-hari juga bekerja sebagai guide. Saya melihat Bangka Belitung sudah sangat berkembang pariwisatanya. Sebagai anak muda, saya ingin lebih banyak berbuat positif, khususnya dalam pariwisata,” kata Ardhel.
 
Peserta berjumlah 14 orang berasal dari kabupaten/kota yang ada di Bangka Belitung. Masa karantina akan berlangsung hingga malam grand final pada Sabtu, 13 April 2019, di tempat yang sama. 
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
Syahrial
Editor: 
Fitra