Robi Syianturi Lolos Limit Pon, Kadiskepora Suharto Bilang Icon Atlet Masa Depan Babel

Pangkalpinang - Satu lagi, atlet atletik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Robi  Syianturi putra Belitung berhasil mengharumkan nama baik Babel di tingkat nasional. Setelah berhasil meraih medali perak dan lolos limit PON di nomor lomba lari 5000  meter di kejurnas atletik 2019 di Pakansari, Cibinong Bogor.

" alhamdulliah, satu lagi atlet Babel lolos kualifikasi PON yakni Robi Syianturi lolos limit PON di nomor lomba 5000 meter putra, dengan catatan waktu 14,33 detik", kata Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bangka Belitung Suharto, Jum'at (02/08/2019), di Pangkalpinang Provinsi Babel.

Kabar gembira tersebut diperoleh Kadiskepora Suharto setelah mendapat kabar dari pelatih atletik PPLP Provinsi Babel Yahuza, Kamis (01/08/2019) malam melalui pesan Whatapp. Kadiskepora Suharto berharap agar pembinaan terhadap para atlet yang berprestasi dan berbakat jangan sampai putus dan hanya mengandalkan pembinaan dari pemerintah saja, menurutnya, pembinaan para atlet berprestasi juga harus didukung dari pihak swasta maupun perusahaan yang ada di Provinsi Babel, baik dari Corporate Social Responsibility (CSR) yang ada di setiap perusahaan di Babel maupun luar Babel, seperti PT. Timah, perusaahaan perkebunan sawit dan lain-lain, pungkasnya.

"Saya prediksi Robi akan menjadi atlet atletik sebagai icon babel. Dia masih muda dan berbakat, untuk itu pembinaan jangan sampai putus dan tidak hanya sebatas dari pemerintah saja", ungkapnya.

Menurutnya, pembinaan para atlet tidak akan mungkin menjadi atlet yang baik jika tanpa pembinaan dari para pelatih yang luar biasa, sehingga katanya, dengan pelatih yang luar biasa akan akan melahirkan atlet yang luar biasa juga.

"Stakeholder seperti perusahaan-perusahaan kan banyak, mari bantu, selama ini belum ada, padahal sawit banyak, timah banyak, ini bakal menjadi atlet masa depan loh" ungkap kadiskepora Suharto.

" semoga di PON 2020 nanti Robi Syianturi dapat meraih medali emas dan terus membanggakan dan  mengharumkan nama baik Babel di kancah nasional bahkan dunia", kata Kadiskepora Suharto.

Sementara itu, pelatih atletik PPLP Babel Yahuza, menjelaskan, bahwa Robi Syianturi berhasil lolos limit PON di dua nomor lomba lari jarak jauh yakni di nomor lomba 10.000 meter bulan April 2019 yang lalu dan di nomor lomba 5000 meter di kejurnas atletik di Cibinong Bogor (01/08/2019).

Ditambahkannya, Robi juga akan mengikuti di nomor lomba 10.000 meter pada tanggal 06/08/2019 mendatang, di kejurnas atletik 2019 di Pakansari, Cibinong Bogor. Tak hanya itu, di bulan September 2019, Robi Syianturi juga akan dipersiapkan untuk mengikuti kejuaraan di nomor lomba marathon (42,195 km) untuk kualifikasi PON di Bali Marathon, jelasnya.

"ini atlet muda Babel, jadi sangat sayang kalau pembinaan Babel kurang lancar", kata Yahuza.

 

Sumber: 
Diskepora
Penulis: 
Adits
Fotografer: 
Adits
Editor: 
Fitra