Rori Satyaputra Raih Peringkat Pertama Kategori Male Sprint

Sungailiat – Rori Satyaputra peserta dari Sumatera Barat (Sumbar) Indonesia berhasil menjadi peserta pertama mencapai garis finish dalam perlombaan Triathlon Sungailiat  2016. Untuk kategori male sprint ini, peserta harus berenang sejauh 750 meter di laut, kemudian bersepeda sejauh 20 km dan lari berjarak lima kilometer. Posisi kedua ditempati Muze dari Inggris, kemudian diikuti Fauzi dari Indonesia.

Saat melepas 425 atlet yang ambil bagian dalam Sungailiat Triathlon 2016, Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, selain sebagai ajang olahraga, Sungailiat Triathlon diharapkan dapat memperkenal pariwisata Bangka. Sehingga berdampak terhadap peningkatan kunjungan wisatawan asing ke Bangka.

“Persiapan telah dilakukan dengan cukup baik. Sehinga mereka bisa nyaman berada di sini,” kata Gubernur usai melepas peserta untuk kategori Long Distance, di Pantai Tanjung Pesona, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (23/4/2016).

Lebih jauh Gubernur mengatakan, melalui ajang ini Bangka semakin dikenal dan peserta yang hadir di sini dapat kembali dalam kunjungan selanjutnya. Ke depan promosi wisata Bangka akan lebih ditingkatkan, sehingga mampu menghadirkan wisatawan. Sebab pemerintah saat ini terus berjuang meningkatkan sektor pariwisata di Bangka Belitung.

"Kalau wisatawan meningkat, mindset kita tentang pariwisata berubah. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah, melobi pusat dengan harapan bisa menetapkan KEK pariwsata di Bangka agar sama seperti di Belitung. Sehingga dana pusat mengucur untuk membangun infrastruktur mendukung pariwisata," jelasnya.

Ajang tahunan ke empat kali ini diikuti atlet dari negara Aljazair, Australia, Austria, Amerika, Belanda, Filipina, Jerman, Jepang, Italia, Inggris, Kanada, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, Spanyol, Swedia, Rumania, Perancis dan Indonesia sebagai tuan rumah. Sebelumnya, panitia sempat merilis negara Brazil juga ikut mengambil bagian dalam kegiatan ini.

Sungailiat Triathlon untuk memperkenal potensi wisata Bangka. Tarmizi Saat Bupati Bangka mengatakan, rute yang dilalui peserta merupakan destinasi wisata di Bangka. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, karena setiap atlet tidak datang sendiri. Peserta membawa keluarga dan tim sekalian berlibur menikmati pantai pasir putih yang indah.

“Persiapan kegiatan ini semakin tahun semakin matang. Saya berharap persiapan acara triathlon mendatang lebih baik. Jumlah peserta meningkat tajam dan ini harus dipertahankan dan tingkatkan. Ke depan, selain ada triathlon, akan ada mount bike atau sepeda gunung. Sehingga pesertanya lebih ramai," jelas Tarmizi.

Keamanan dan kenyamanan peserta dan wisatawan menjadi sangat penting. Bupati berpesan kepada pihak pengelola hotel dan restoran agar selalu menjaga keamanan dan kenyamanan tersebut. Selain itu, pihak kepolisian dan Satpol PP diimbau untuk melakukan patroli, sehingga keamanan tetap terjaga.

Peserta Termuda

Dwi anggara merupakan peserta termuda dalam ajang Sungailiat Triathlon kali ini. Pasalnya pelajar di sekolah Tirta Marta Cinere yang duduk di kelas delapan asal Jakarta ini terdaftar sebagai peserta berusia 15 tahun. Keikutsertaan Dwi  merupakan yang pertama di Sungailiat Triathlon.

"Ini pertama kali ikut Sungailiat Triathlon. Saya sangat senang mengikuti acara ini. Semua ini berkat dukungan orang tua yang hadir dan pelatih yang selalu memberikan support," jelas Dwi.

Sementara Misha Rosoff peserta asal Amerika mengatakan, Sungailiat Triathlon 2016 merupakan agenda olahraga yang sangat menyenangkan. Selain bisa berolahraga, juga bisa menikmati keindahan pantai di Bangka. Setidaknya sudah empat kali mengikuti kegiatan triathlon di Sungailiat. Masyarakat sangat antusias menyaksikan kegiatan ini, sehingga mencapai finish sudah menjadi suatu kemenangan.

"Saya sangat senang mengikuti triathlon ini. Daerah ini memiliki pantai indah dan masyarakatnya sangat ramah. Masyarakat sangat antusias menyaksikan, jadi ketika kita sampai finish kita adalah pemenangnya," ucap Misha.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra