RS DR.Ir. Soekarno Resmi Layani Masyarakat Babel

Pangkalpinang – Sejak dilakukan Soft Launching pada 7 Desember 2012 lalu oleh Eko Maulana Ali, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rumah Sakit Provinsi yang bernama RS DR. Ir. Soekarno resmi melayani masyarakat Bangka Belitung.

Rumah Sakit terbesar di Bangka Belitung ini tidak hanya sebagai pusat pelayanan kesehatan akan tetapi juga sebagai pusat rujukan dari Rumah Sakit tipe C dan D yang ada di Kabupaten/Kota yang mengedepankan pelayanan  barat dan timur.

Menurut dr. Hendra Kusumajaya, M.Epid, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengatakan bahwa saat ini Rumah Sakit Dr. Ir. Soekarno sudah teregistrasi di Kementerian Kesehatan dengan kode 1901043S. Dan sudah memiliki izin operasional sementara dari Bupati Bangka dengan nomor 188.45/771/KES/2012.

Selanjutnya tinggal menunggu Peraturan Daerah tentang Struktur dan Tata Kerja Rumah Sakit yang saat ini tanggung jawab tersebut masih berada di bawah Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ungkapnya.

Lebih jauh Hendra menjelaskan tentang fasilitas rawat inap sudah dapat dilakukan oleh pasien yang sudah membutuhkan pelayanan yang intensif. Dan Rumah Sakit ini telah menyediakan 66 tempat tidur untuk dirawat inap.

Ketersediaan Poliklinik Umum, Poliklinik Gigi dan Mulut, Poliklinik Spesialis Penyakit Dalam serta Kebidanan dan Pelayanan Farmasi dapat diakses di Rumah Sakit yang berada di lokasi Desa Air Anyir ini.

Dan dalam waktu dekat Poliklinik Spesialis akan turut menambah pelayanan kesehatan masyarakat Bangka Belitung seperti Poliklinik Spesialis Kulit dan Kelamin, Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Spesialis Penyakit Dalam, Spesialis paru, dan Spesialis Anastesi.

Tidak hanya dengan memiliki kelengkapan poliklinik serta ruang pelayanan kesehatan yang baik, Rumah Sakit Provinsi ini juga memiliki dokter-dokter yang handal dibidangnya yang siap melayani kesehatan masyarakat Bangka Belitung.

Selain itu   Rumah Sakit ini memiliki dokter spesialis mitra yang turut membantu seperti dokter spesialis Radiologi, Spesialis Bedah, Spesialis Anak, Spesialis Mata, Spesialis THT, Spesialis Syaraf dan lain sebagainya.

Dalam laporan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, jumlah kunjungan rawat jalan yang ada saat ini sekitar 514 orang dan kunjungan IGD sekitar 43 orang. Dan diperkirakan pada bulan Mei ini jumlah kunjungan akan meningkat.

Sedangkan untuk mendukung dan menunjang akses masyarakat dan pegawai menuju ke Rumah Sakit, saat ini Pemerintah Provinsi telah menyiapkan Shuttle Bus dan kendaraan operasional Rumah Sakit yang akan mengantarkan masyarakat umum atau pengguna jasa layanan pada jam-jam kerja dari jam 08.00 sd 13.30 WIB yang dapat diakses di sebelah kiri jalan pintu masuk menuju air anyir.

Malaria Center

Kehadiran Malaria Center di dalam komplek Rumah Sakit Provinsi ini dapat memberikan kontribusi dalam bentuk pendidikan, penelitian, dan pengembangan  dalam menekan angka endemis malaria di Bangka Belitung. (fa/sc)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Fajrina | Suci Lestari