Rustam : Harap Trans Sumatera Segera Di Buka

Gubernur Babel Rustam Effendi mengharapkan segera dibukanya Trans Sumatera. Jalur yang menghubungkan wilayah Sumatera dengan Kalimantan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

"Kita minta supaya segera dibukanya Trans Sumatera, dari Tanjung Siapi-api (Sumsel) sampai Ketapang (Kalbar) dan harus menjadi perjuangan bersama provinsi se-sumatera, sehingga pengembangan ekonomi wilayah lebih maksimal," ungkap Rustam pada Rakor Forum Gubernur Se Wilayah Sumatera Tahun 2013, di Hotel Novotel Bangka Tengah, Rabu (20/11/2013).

Lebih jauh ia mengatakan bahwa Wilayah sumatera berpotensi besar sebagai pusat pertumbuhan di kawasan regional asean, asia pasifik, dan kawasan internasional lainnya. Selain itu, wilayah ini memiliki akses perdagangan paling strategis dibandingkan pulau besar lainnya di indonesia dengan potensi sumber daya alam yang cukup lengkap, meliputi pertanian, perkebunan, kehutanan, pertambangan, kelautan dan perikanan, serta pariwisata.

 “Di Babel sendiri, Kab Bangka Barat sudah masuk dalam kawasan Program MP3EI (Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia) Sumatera dan konsekuensinya fasilitas jembatan dan pelabuhan di Muntok perlu dibenahi untuk meningkatkan layanan transportasi dan akomodasi”, ujarnya.

Percepatan pembangunan infrastruktur dan konektivitas antarwilayah sumatera, pengembangan sumber energi dan sumber daya alam serta pengelolaan lingkungan hidup, peningkatan kualitas SDM, pengembangan industri hilir di masing-masing sentra produksi, pengembangan potensi sektor unggulan masing-masing wilayah, serta penyelesaian permasalahan batas wilayah, tata ruang, penyertaan modal dan penyelesaian masalah sosial adalah isu hangat yang akan dibahas dalam Rakor Forum Gubernur tahun 2013. Upaya pemenuhan kebutuhan infrastruktur dan SDM, diharapkan akan mampu meningkatkan pengelolaan potensi sumberdaya alam yang ada di pulau sumatera.

Selain itu Rustam juga mengharapkan dan meminta perhatian pemerintah pusat terhadap pengembangan Pulau Belitung sebagai destinasi wisata ketiga di Indonesia.

“Perhatian pemerintah pusat terhadap pengembangan Pulau Belitung sebagai destinasi wisata ketiga di Indonesia sangat diperlukan, seperti mengalokasikan anggaran untuk pengembangan fasilitas pariwisata di Belitung”, harapnya. (*rf/adits/an)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Rizky
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Surianto