Rustam: Pertahankan ISO 9001:2008 yang Telah Diraih

Pangkalpinang - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi memberikan apresiasi yang besar atas prestasi yang diukir oleh Samsat Sungailiat dan PTSP Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Prov Kep. Babel atas penerimaan ISO 9001:2008 Sistem Manajemen Mutu.
 
"Penerimaan ISO berarti pelayanan kepada masyarakat sudah memenuhi standar internasional yang telah ditetapkan dan tersistem. Ini merupakan prestasi yang harus dipertahankan dan terus ditingkatkan lebih baik lagi," ucap Rustam Effendi Gubernur Kep Babel saat acara jamuan makan malam di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai, Selasa malam (02/12/15).
 
Jamuan makan malam ini dihadiri oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam  Effendi; Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Syahrudin, Dirlantas Polisi Daerah Kepulauan Bangka Belitung Agus Suryo, Kepala DPPKAD Yulizar Adnan, para Asisten dan staf ahli Gubernur, dan tamu undangan lainnya.
 
Pada kesempatan itu, Dirlantas Kepulauan Bangka Belitung, Agus Suryo, menyatakan bahwa ISO yang diterima Samsat Sungailiat merupakan prestasi yang sangat luar biasa. Dalam jangka waktu 14 tahun, Samsat Sungailiat Kabupaten Bangka berhasil menunjukkan keberhasilannya dalam pelayanan publik. 
 
“ISO untuk Samsat Sungailiat merupakan simbol kebersamaan Kepala Polisi Daerah Kepulauan Bangka Belitung dan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dalam melayani masyarakat,” ujar Agus.
 
Lebih jauh, Agus Suryo mengatakan bahwa dalam melayani masyarakat, tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena tidak ada unsur pidana. Titik berat masalah Samsat hanyalah administrasi, misalnya ada kesalahan pencetakan notice dan lainnya. 
 
"Pihak Polda Babel akan sangat mendukung Samsat Online karena berkaitan dengan kelancaran data masyarakat dan akan mempermudah proses administrasinya," ujar Agus.
 
Sementara Yulizar Adnan, Kepala DPPKAD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang menjadi perwakilan penerima ISO 9001:2008 sistem manajemen mutu mengungkapkan rasa syukurnya atas penerimaan ISO ini. Karena selama kurang lebih dua tahun, kami dipantau dan didampingi oleh surveyor dan konsultan dalam pencapaian menuju ISO ini.
 
“Kami sangat berterima kasih atas usaha kerja keras para pegawai Samsat Sungailiat, kerja sama dari Polda Kepulauan Bangka Belitung, pihak Bank Sumsel Babel, Jasa Raharja dan pihak lain yang terkait, serta dukungan yang yang diberikan oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. Tanpa peran mereka semua, sertifikasi ISO ini tidak akan pernah ada,” ungkap Yulizar. 
 
Yulizar juga bertekad untuk mewujudkan prestasi yang sama untuk Samsat Pangkalpinang dan Belitung, serta berharap dapat menuju Samsat Online yang menjadi tujuan bersama pihak DPPKAD Provinsi Kep Babel dan Polda Kep Babel.
Sumber: 
DPPKAD
Penulis: 
Adinda Chandralela
Fotografer: 
Lisia Ayu A