Safari Jumat, Gubernur Sampaikan Khutbah Fadilah Penghujung Ramadan

SUNGAILIAT - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman dalam rangkaian Safari Jumat pekan ini kembali diberi amanah untuk menjadi khatib salat Jumat di Masjid Al Ikhlas, Komplek Kompi Senapan B, Kabupaten Bangka, Jumat (07/05/2021). 

Dalam khotbah singkatnya yang berjudul "Fadilah Ramadan Menjelang Idulfitri", gubernur yang pernah menjabat Bupati Bangka Tengah dua periode ini menyampaikan beberapa fadilah yang hendaknya diperhatikan kaum muslimin di penghujung bulan Ramadan. 

Pertama, meningkatkan ibadah. Gubernur mengatakan bahwa kegiatan Rasulullah memasuki sepuluh hari terakhir bulan Ramadan difokuskan untuk meningkatkan ibadah. 

"Jauh dibandingkan kaum muslimin di zaman sekarang, menjelang Ramadan berakhir masjid semakin sepi, sebaliknya pusat perbelanjaan semakin membludak," ucapnya. 

Kedua, istikamah. Berakhirnya bulan Ramadan, bukan berarti berakhir pula segala amalan kita, hendaknya kita senantiasa menjaga salat dan ibadah kita. 

Ketiga, menghidupkan tuntunan Rasulullah. Dari semua amalan hanya akan diterima jika memenuhi dua syarat, yaitu ikhlas kepada Allah dan sesuai petunjuk Rasulullah. 

"Adapun petunjuk Rasulullah di bulan Ramadan yaitu iktikaf dan mengeluarkan zakat," ungkapnya. 

Mengakhiri khotbah, gubernur mengatakan hari raya Idulfitri merupakan saat yang paling membahagiakan bagi kaum muslimin dan mukminin, terkhusus bagi mereka yang sukses dalam amaliah Ramadan. 

"Idulfitri bukanlah bagi mereka yang baru bajunya, tetapi Idulfitri yang hakiki adalah mereka yang ketaatannya meningkat," pesannya. 

Usai menjalankan ibadah salat Jumat, Orang nomor satu di Babel itu berbincang dengan pengurus Masjid Al Ikhlas dan masyarakat. 

Disamping kebiasaannya yang senantiasa mensosialisasikan pentingnya melaksanakan Protokol Kesehatan. Dirinya juga menjelaskan 13 poin kesepakatan bersama terkait pengendalian Covid-19 selama Hari Raya Idulfitri 1442 H. 

"Alhamdulillah di masjid ini, para jemaah hampir semuanya memakai masker, ini harus dipertahankan mengingat saat ini, masyarakat kita yang terpapar corona agak meningkat," ungkapnya. 

Gubernur menjelaskan dengan adanya kesepakatan bersama ini agar tidak terjadi lonjakan kasus Corona di Babel. 

"Kita harus menjaga pertumbuhan ekonomi di Babel yang sudah bagus. Karena apabila yang positif banyak maka akan dilakukan pembatasan aktivitas sehingga akan mengganggu kestabilan ekonomi kita," pungkasnya. 

Sementara itu, Ismai Permana selaku Pengurus Masjid Al Ikhlas sangat berkesan atas kehadiran Gubernur Erzaldi. Di samping itu, dirinya juga menghaturkan terima kasih kepada orang nomor satu di Babel itu atas bantuan pendingin ruangan sebanyak dua unit untuk Masjid Al Ikhlas.

"Semoga bapak gubernur senantiasa diberikan kemudahan dalam memimpin negeri Serumpun Sebalai yang sama-sama kita cintai," ucapnya.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Budi
Fotografer: 
Saktio
Editor: 
Lisia Ayu