Sang Pemimpin Telah Pergi

Pangkalpinang - Bumi Laskar Pelangi kehilangan salah satu putra terbaik setelah meninggalnya H Eko Maulana Ali, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. Ucapan belasungkawapun mengalir dari segala penjuru negeri. Sekitar pukul 02.30 WIB, mantan Wakil Presiden RI, Yusuf Kalla secara langsung mengucapkan rasa belasungkawa melalui akun twitter.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Turut berbelasungkawa atas wafatnya Gubernur Bangka Belitung Bpk Eko Maulana Ali di RS MMC Jakarta," ungkapnya di twetter, Selasa (30/7/2013).

Sebagaimana diketahui, sebelum meninggal dunia Gubernur Kepulauan Bangka Belitung kerapkali menjalani pengobatan di rumah sakit akibat penyakit gagal ginjal yang dideritanya. Pernah disarankan agar pengobatan penyakit beliau tersebut dilakukan di rumah sakit luar negeri, namun almarhum menolak.

Menurut Noor Hariastuti isteri almarhum yang dilansir detik.com, suaminya tak ingin berobat di tanah air. Almarhum lebih memilih tetap percaya kepada tenaga medis di dalam negeri. Dan sebelum meninggal almarhum masih sempat berpesan kepada Wagub Bangka Belitung untuk meneruskan perjuangan memajukan daerah Bangka Belitung.

"Mulai sakit bulan Februari, sakit gagal ginjal dan mau dibawa ke luar negeri tapi bapak nggak mau," ujar Noor Hariastuti ketika ditemui di RS MMC Jakarta, Selasa (30/7/2013).

Almarhum lahir tanggal 26 September 1951 di Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung. Meninggal dunia tanggal 30 Juli 2013 sekitar pukul 00.35 WIB di Jakarta pada umur 61 tahun.

DR Ir Eko Maulana Ali Msc merupakan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang menjabat dari tahun 2007 sampai 2013. Ia terpilih sebagai gubernur menggantikan Hudarni Rani dalam pemilihan gubernur secara langsung pada tahun 2007. Setidaknya hampir dua periode almarhum dipercaya masyarakat untuk memimpin Bangka Belitung.

Pada Pilkada 2007 lalu, ia sempat bertarung dengan mantan Bupati Beltim, Basuki Tjahaja Purnama yang kini menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta yang berpasangan dengan Jokowi. Sosok dan jiwa kepemimpinan memang tertanam pada beliau. Sebab sebelumnya almarhum juga pernah menjabat sebagai Bupati Kabupaten Bangka selama hampir dua periode pula.(hzr)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Huzari
Editor: 
2013-07-30 06:23:18 +0700