Sanggar Tari Rebang Emas Sabet Juara Umum

Pangkalpinang – Sanggar Tari Rebang Emas berhasil meraih juara umum Festival Serumpun Sebalai (FSS) XI tahun ini. Karya tari bertajuk Antu Berayun yang dibawakan sanggar tersebut mendapatkan nilai 1050 poin. Urutan kedua ditempati Sanggar Mayong Tara dengan karya Tari Radak Urang, sedangkan posisi ketiga dimenangkan Sanggar Lawang Budaya dengan karya Tari Peri Kijang Emas.

Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengharapkan agar pelaku seni terus menggali potensi dengan inovasi dan kreativitas. Sehingga dapat melahirkan seniman yang bisa membawa nama baik Bangka Belitung ke tingkat nasional bahkan internasional. Sanggar yang berhasil menjadi pemenang jangan terlalu berbangga, karena lebih sulit mempertahankan daripada mendapatkan juara.

“Saya ucapkan selamat bagi pemenang dan saya berpesan bagi yang belum berhasil  jangan berkecil hati. Mari mengevaluasikan diri, agar ke depan menjadi juara,” kata Gubernur saat menutup acara Festival Serumpun Sebalai, di Alun Alun Taman Merdeka, Pangkalpinang, Selasa malam (3/6/2015).

Gubernur memberi apresiasi tinggi kepada pengunjung dan penonton yang menyaksikan Festival Serumpun Sebalai. Sebagaimana diketahui, FSS telah dimulai sejak tanggal 31 Mei 2015 lalu. Selama tiga hari sejumlah sanggar berkompetisi menunjukan kepiawaian dalam menampilkan tarian, seni budaya Bangka Belitung.

Akhir pelaksanaan FSS menampilkan Tari Nek Badok, Tari Tugang, Tari Antu Berayun, Tari Bok Hasim, Tari Bujang Antan, Tari Putri Pinang Gading dan Tari Pinang Beribu. Penutupan kegiatan ditandai tabuhan bedug yang dilakukan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

“Apresiasi kami sampaikan kepada seluruh penonton yang telah memadati Alun Alun  Taman Merdeka. Kepedulian masyarakat terhadap seni dan budaya perlu kita beri apresiasi tinggi," ujarnya.

Terus perbaiki pelaksanaan kegiatan ini. Gubernur mengatakan, dengan pelaksanaan kegiatan yang baik hendaknya dapat melahirkan seniman berpotensi. Sebagai destinasi wisata yang telah dicanangkan pemerintah pusat, jika tanpa ada dukungan seni dan budaya akan menjadi hambar. Ibarat makanan tanpa garam. Untuk itu, pemuda Bangka Belitung harus lebih giat menggali potensi daerah.

Saat mengumumkan pemenang, Wiwik Sipala Ketua Dewan Juri Festival Serumpun Sebalai mengatakan, juara harapan pertama dimenangkan Sanggar Gong Production dari Pangkalpinang dengan judul Tari Tugang. Selanjutnya, harapan kedua dimenangkan Sanggar Dharma Bangka dari Kabupaten Bangka dengan judul Tari Bok Hasim. Pemenang untuk katagori penata rias terbaik diraih Agus Yaman dengan karya Tari Antu Berayun.

Sementara untuk katagori penata musik terbaik diraih Helmi Akbar dengan karya Tari Radak Urang. Ia menambahkan, sedangkan penata kostum terbaik ditempati Ade Intan Damayanti dengan karya Tari Antu Berayun. Juara umum ketiga dimenangkan Sanggar Lawang Budaya dengan karya Tari Peri Kijang Emas dari Kabupaten Bangka dengan nilai 950. Juara kedua diraih Sanggar Mayong Tara Kabupaten Beltim dengan karya Tari Radak Urang.

“Juara umum pertama dimenangkan Sanggar Tari Rebang Emas dari Kabupaten Bangka dengan karya Tari Antu Berayun. Sanggar ini berhasil memperoleh nilai 1050 poin," kata Wiwik.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Chandra
Fotografer: 
Chandra
Editor: 
Huzari