Satpol PP Babel Sosialisasikan Himbauan Pencegahan Penularan Covid 19 di Pusat Keramaian


Pangkalpinang - Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di bawah pimpinan Kasat Pol PP Yamowa Harefa melakukan sosialisasi himbauan Gubernur Babel dalam upaya penularan wabah Covid 19 atau virus corona di pusat keramaian, Senin (23/03/2020).

Adapun pusat-pusat keramaian yang didatangi yaitu pasar pagi, pasar kampung asam, kawasan wisata Pantai Pasir Padi, warung-warung kopi di Pangkalpinang, mall dan supermarket, hotel-hotel, cafe, resto serta tempat hiburan.

Sebanyak lima tim satpol PP dipimpin langsung Kasat Pol PP terlibat dalam kegiatan ini. Turut serta pula Satbinmas Polresta Pangkalpinang. Mereka menempelkan surat himbauan Gubernur Babel di pusat keramaian tersebut agar dapat dibaca dan dimengerti oleh warga.

Tak hanya itu, Satpol PP juga menghimbau dengan menggunakan pengeras suara. Targetnya adalah warga yang sedang berada di pusat-pusat keramaian maupun yang sedang berlalu-lalang di sepanjang jalan dan perempatan.

Dalam surat himbauan Gubernur Babel ada empat hal yang disampaikan. Pertama, membatasi kegiatan yang bersifat perkumpulan orang banyak dan memberikan anjuran kepada masyarakat untuk melakukan social distancing. 

Kedua, menghimbau kepada pengusaha tempat wisata untuk menutup sementara tempat wisata demi mencegah semkin meluasnya penyebaran virus covid 19 dalam kumpulan wisatawan. Ketiga, menghimbau kepada pengusaha resto/tempat hiburan malam untuk menghentikan aktivitas pada pukul 20.00 WIB. 

Dan keempat, menghimbau kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat untuk mengurangi/menghentikan sementara kegiatan yang bersifat perkumpulan orang banyak dan mengganti dengan kegiatan yang sesuai dengan anjuran agama/adat masing-masing.

Yamowa mengatakan Satpol PP Babel merupakan garda terdepan dalam upaya pencegahan wabah covid 19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Oleh karena itu, Satpol PP akan terus berusaha untuk melakukan sosialisasi serta mengajak warga Bangka Belitung untuk mematuhi himbauan dan kebijakan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam giat ini, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yamowa Harefa ikut turun ke pasar memberikan pengarahan dan himbauan langsung kepada warga. Beberapa spanduk tentang himbauan social distancing juga dipasang di beberapa pusat keramaian.

Untuk di kawasan Wisata Pantai Pasir Padi, Kepala Bidang Tibumtranmas M. Aris menemui dan melakukan advokasi kepada para pedagang. Surat himbauan Gubernur tentang upaya pencegahan penularan covid 19 juga ditempel di warung-warung sepanjang pantai. 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Rusmini
Fotografer: 
Rusmini/Yulizar