Satpol PP Dituntut Tingkatkan Profesionalisme

Pangkalpinang - Satpol PP mempunyai peran dan tugas menciptakan ketertiban umum. Upaya menciptakan ketertiban tersebut, aparat Satpol PP harus mampu bersikap profesional, sehingga tak tersangkut persoalan yang berkaitan dengan hak asasi manusia.

Demikian pesan Eko Maulana Ali Gubernur Kepulauan Bangka Belitung disampaikan Kahar Dapi, Kabag Tata Usaha Satuan Polisi Pamong Praja Babel saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Aparat Satpol PP, di Gedung LPMP, Komplek Perkantoran Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (27/5).

"Dengan mengikuti kegiatan bimtek ini, diharapkan aparat Satpol PP mampu bersikap lebih profesional dalam melaksanakan tugas sesuai dengan peraturan dan undang-undang berlaku," tegasnya.

Bimtek Satpol PP kali ini lebih menekankan mengenai tugas Satpol PP upaya menciptakan ketertiban umum. Dijadwalkan kegiatan ini berlangsung selama dua hari, terhitung tanggal 27 hingga 28 Mei 2013. Sebanyak 50 peserta mengikuti kegiatan tersebut. Adapun narasumbernya diambil dari berbagai instansi di antaranya, Kemenkumham, Kepolisian dan TNI.

Lebih jauh ia menjelaskan, Satpol PP memiliki fungsi strategis sebagai aparatur yang mengamankan peraturan daerah (Perda). Untuk menciptakan ketertiban umum, kebijakan dan penerapan Perda hendaknya disampaikan kepada masyarakat secara persuasif.

"Bimtek ini diharapkan dapat membentuk aparatur bekerja secara profesional dan lebih responsif mengeliminir isu negatif yang berkembang di masyarakat. Selain itu dapat mencegah dan membuat masyarakat agar tidak mudah terprovokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum," imbaunya. (Rusmini)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Rusmini
Fotografer: 
Rusmini
Editor: 
Huzari