Satpol PP Harus Bekerja Sesuai SOP

Pangkalpinang – Satpol PP disarankan agar menjalankan tugas sesuai standard of operating procedure (SOP). Hal tersebut untuk mengindari terjadinya pelanggaran dalam menjaga ketertiban lingkungan dan mengamankan peraturan daerah.

Najamuddin Asisten III Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan, dalam pelaksanaan tugas Satpol PP mempunyai kecenderungan dan berisiko terhadap pelanggaran HAM. Untuk itu, dalam melaksanakan tugas anggota Satpol PP di kabupaten/kota harus berpegang pada SOP. Terutama ketika melaksanakan tugas yang secara langsung bersentuhan dengan masyarakat.

“SOP juga dapat mengantisipasi kemungkinan adanya kepentingan-kepentingan tertentu. Diharapkan ada tindak strategis dalam pola kerja Satpol PP, sehingga profesionalitas, kerja sama dan koordinasi dapat meningkat," jelasnya saat BimbinganTeknis Penyuluhan Bagi Aparat Satpol PP Kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Hotel Rapos Jalan Yos Sudarso No 30 Pangkalpinang, Rabu (15/10/2014).

Dijadwalkan kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari, terhitung Rabu hingga Sabtu (18/10/2014). Sebanyak 40 anggota Satpol PP dari kabupaten/kota mengikuti kegiatan ini. Adapun tujuannya yakni, membina anggota Satpol PP agar menjadi aparatur dan institusi penegak perda yang handal dan dapat mengayomi masyarakat.

Satpol PP dibantu TNI dan Polri mengemban misi membantu kepala daerah menciptakan trantibum demi pelaksanaan pemerintahan daerah kondusif. Ia menambahkan, peranan Satpol PP sangat strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Selain itu, anggota Satpol PP juga harus ikut membuat lingkungan menjadi tenteram.

"Tugas Satpol PP menertibkan apabila ada orang mabuk-mabukan. Namun apabila sudah masuk dalam ranah pidana, sudah ada pihak lain yang berwenang," ujarnya.

Sumber: 
Humas Satpol PP Bangka Belitung
Penulis: 
Rusmini
Fotografer: 
Rusmini
Editor: 
Huzari