Satpol PP Harus Meningkatkan Profesionalisme

Pangkalpinang – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) harus bekerja profesional, kompeten dan berdedikasi tinggi dalam menjalankan tugas pokok di lapangan. Sebab Satpol PP dituntut untuk dapat meningkatkan ketertiban umum, menjaga keamanan serta melindungi masyarakat. Terutama pasca pemilihan umum legislatif dan menjelang Pilpres 9 Juli mendatang.

“Terus tingkatkan kualitas, loyalitas kerja sebagai abdi negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah,” tegas Hidayat Arsani Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung saat bertindak sebagai pemimpin upacara dan apel siaga peringatan hari ulang tahun (HUT) ke 64 Satpol PP dan HUT ke 52 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), di halaman Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (19/5/2014).

Peningkatan profesional, kompeten dan berdedikasi tinggi dalam bekerja, jelas Wagub, berguna untuk melaksanakan fungsi Satpol PP dan Satlinmas membantu penyelenggaraan pemilu, pemilukada dan membantu penanganan bencana serta tugas sosial lainnya. Keberadaan Satpol PP dalam pelaksanaan pemilu 9 April lalu dan pemilihan presiden yang akan datang sangat penting.

“Terutama bagi  jajaran Satpol PP dan Satlinmas di daerah. Karena potensi gangguan terhadap penyelenggaaraan pelaksaanaan pemilu sangat tajam. Untuk menyikapi situasi kondisi ini, Satpol PP dan Satlinmas di daerah harus dapat menyiapkan diri sejak dini,” saran Wagub.

Peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas kali ini mengusung tema “Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat siap mengawal pelaksanaan pemilu 2014 sesuai dengan tugas pokok dan fungsi”. Berbagai atraksi ditunjukkan anggota Satpol PP pada kesempatan ini, di antaranya atraksi memecah balok es dilakukan Marwan Muchtar Kepala Satpol PP, dan beberapa atraksi lainnya seperti memecah genteng dan membengkok besi menggunakan dada.

Wagub pun ikut menyumbang sebuah lagu, bernyanyi dan berjoget di atas panggung bersama anggota Satpol PP. “Tema ini menunjukkan upaya peningkatan tugas pokok serta keterlibatan Satpol PP dan Satlinmas dalam memberi dukungan terhadap kelancaran pelaksanaan pemilu,” ujarnya.

Sesuai pasal 126 Undang-Undang No 15 tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pemilu, jelas Wagub, Satpol PP dan Satlinmas di daerah diharapkan senantiasa meningkatkan ketertiban umum dan menjaga keamanan serta dapat melindungi masyarakat.

“Saya sangat apresiasi dan mengucapkan terima kasih serta penghargaan setulusnya terhadap dedikasi dan loyalitas kinerja Satpol PP dan Satlinmas selama ini,” ungkapnya.(adt/rf)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Adi Tri Saputra
Fotografer: 
Rizky
Editor: 
Rizky