Satyalancana Pembangunan Koperasi Buat Gubernur Babel

Medan, Sumatera Utara –  Pemerintah Republik Indonesia memberikan penghargaan Satyalancana Pembangunan bidang Koperasi kepada sejumlah kepala daerah di Indonesia. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi yang dinilai memiliki jasa besar dalam mengembangkan dan memajukan koperasi Indonesia khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapat penghargaan tersebut dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain itu penghargaan yang sama juga diberikan kepada Gubernur Jawa Tengah, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Bupati Dharmasraya dan Walikota Pasuruan. Kemudian Direktur Utama Bank Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Barat dan Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Provinsi Kalimantan Timur. Penyematan penghargaan tersebut berlangsung di Lapangan Benteng Medan Sumatera Utara pada peringatan acara puncak Hari Koperasi Nasional ke-67 Tahun 2014, Selasa (15/07).

Peringatan kali ini mengangkat tema “Koperasi Indonesia Menuju Ekonomi Global” yang dihadiri langsung Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Ani Yudhoyono, Mensesneg Sudi Silalahi, Menteri Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan, Menparekraf Mari Elka, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Nurdin Halid, Gubernur Sumatera Utara Gatot Pudjo Nugroho selaku tuan rumah penyelenggara acara dan ratusan pengurus, penggerak dan anggota koperasi.

Usai memberikan penghargaan, presiden RI mengatakan koperasi tetap relevan sepanjang masa, apalagi efek era globalisasi yang menyebabkan kesenjangan ekonomi, sehingga koperasi harus dikembangkan lantaran koperasi dapat menciptakan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat, bahkan pada gilirannya dapat dinikmati secara bersama, adil dan merata oleh seluruh masyarakat.

Presiden memaparkan untuk memajukan pertumbuhan ekonomi perlu dilakukan beberapa hal diantaranya menghidupkan usaha-usaha besar seperti BUMN sehingga dapat tumbuh dan berkembang dan dapat menciptakan kesempatan kerja. Demikian pula dengan UMKM harus berkembang agar pemerataan dapat dirasakan masyarakat. "Koperasi harus ditumbuhkembangkan karena jelas-jelas bisa memberikan manfaat bagi anggota, disamping itu perlu peran serta pemerintah buat mengasuh dan mendorong koperasi agar lebih maju dan jaya".

Karena dinilai berhasil memajukan koperasi Indonesia dengan berbagai prestasi bidang koperasi yang telah dicapai di era kepemimpinannya, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada moment penting itu mendapat gelar Bapak Penggerak Pembangunan Koperasi Indonesia. (14L/Edthmas)

Sumber: 
Humas Prov. Kep. Babel
Penulis: 
14L/Edthmas
Editor: 
ErMaNiX