Sehatnya Calon Jemah Haji Kita diTanah Suci

Pangkalpinang,   Info terkini mengenai jemaah haji Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  tahun 1434/ 2013 saat ini jemaah haji untuk wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dikondisikan Sehat, hal ini disampaikan oleh Abdul Aziz yang berperan sebagai Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementrian Agama  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat konfrensi pers di Media Center pada selasa (8/10), laporan ini didapatkan dari ketua  Tim Rombongan 10 dan 11. “Kondisi Jemaah kita pada saat ini sehat,walaupun ada juga yang terserang flu, batuk. Tapi sebagian besar ya alhamdullilah sehat ” ungkap Aziz.

 Kondisi tersebut disebabkan suhu cuaca ditanah suci sangat panas sehingga mempengaruhi stamina Calon Haji. “ Kita telah mengirimkan Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) sebanyak 6 (enam) Orang dengan rincian 2 (dua) Dokter, 4 (empat) Paramedis” jelas Aziz dan menurut Laporan dari Ketua Rombongan Kloter 10 dan 11 belum ada calon jemaah hati yang dirawat inap di Rumah Sakit.  Selain menjaga stamina selama beribadah calon jemaah haji juga dihimbau untuk selalu mengkonsumsi makan makanan yang mengandung sehat, selain itu jemaah calon haji juga harus cukup istirahat hal ini dilakukan untuk menjaga stamina agar tetap fit. 

Untuk saat ini jemaah calon haji diseluruh Dunia telah dilakukag pengurangan calon jemaah sebesar 20 %, hal tersebut dilakukan dikarnakan adanya renovasi pada area Tawaf Masjidil Haram.  Renovasi Masjidil Haram ini memakan waktu selama tiga tahun mulai dari tahun 2013, 2014, 2015.  Jadi dalam waktu 3 tahun tersebut pemerintah kerajaan Arab Saudi memotong 20 % Kuota Haji, dan pada tahun 2016 diharapkan Normal kembali. 

Untuk pendataran calon jemaah haji ditahun 2013 ini akan berada diposisi daftar tunggu selama 13 tahun “ Kalo sekarang mendaftar baru bisa diberangkatkan pada tahun 2026” ungkap Ridwan selaku Kasi Pembina Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung disela sela Konfrensi pers.  Ridwal menjelaskan jika calaon jemaah penyetoran Biaya haji Sebesar dua puluh lima juta rupiah maka calon jemaah hai telah mendapatkan nomor untuk keberangkatan dan untuk biaya pelunasannya masih menunggu keputusan Presiden Republik Indonesia. 

Selain membicarakan mengenai biaya haji, Ridwan juga menjelaskan mengenai calon jemaah haji yang sakit dan meninggal dunia ditanah suci, Ridwan mengungkapkan bahwa ada asuransi jiwa yang siap menanggung calon jemaah haji yang sakit maupun yang meninggal dunia diTanah Suci asuransi tersebut diganti sesuai   dengan total  biaya keberangkatan yang disetor oleh jemaah.

Jemaah haji Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berjumlah 728 (Tujuh Ratus Dua Puluh Delapan) orang dengan rincian per Kabupaten/Kota sebagai berikut :

-Kabupaten Bangka  berjumlah = 213 orang

-Kabupaten Belitung berjumlah = 65 Orang

-Kota Pangkalpinang berjumlah = 210 Orang

-Kabupaten Bangka Barat berjumlah = 87 Orang

-Kabupaten Bangka Tengah berjumlah =58 Orang

-Kabupaten Bangka Selatan berjumlah = 60 Orang

-Kabupaten Belitung Timur berjumlah = 35 Orang

Jemaah haji Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terbagi dalam tiga kloter yaitu kloter 10 berjumlah 360 jemaah, kloter 11 berjumlah 360 jemaah dan kloter 12 berjumlah 18 jemaah. Jemaah haji kloter 10 dijadwalkan tiba kembali ke tanah air pada tanggal 10 November 2013 pada pukul 07.25 WIB.  Jemaah haji kloter 11 dijadwalkan kembali ketanah air pada tanggal 11 November 2013 pukul 10.40 WIB, dan Jemaah haji kloter 12 yang berasal dari kabupaten bangka dijadwalkan kembali ketanah suci pada tanggal 12 November 2013 pukul 12.55 WIB. (*My)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Evani
Editor: 
Evani