Sekda: 2021, TPP ASN Pemprov Babel Diupayakan Stabil

PANGKALPINANG - Besaran Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) ASN Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tahun 2021 kemungkinan akan sama besarnya dengan tahun lalu. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Babel, Naziarto dalam Rapat Pemaparan Perhitungan Besaran TPP ASN di Lingkungan Babel Tahun Anggaran 2021 di Ruang Tanjung Pesona, lantai 1 Kantor Gubernur Babel, Air Itam, Pangkalpinang, Senin (1/2/2021).

Sekda Naziarto mengatakan, pengajuan TPP ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) harus benar-benar dicermati.

"Pengajuan TPP ini jangan sampai ditolak Kemendagri. Usulan TPP 2021 pada Desember 2020 lalu, sama dengan besaran TPP 2020," ujarnya. 

Untuk itu, usulan TPP 2021 harus menyesuaikan dengan format aplikasi yang digunakan, yakni Aplikasi Monitoring Anggaran (Simona).

"Permasalahannya bagaimana menyesuaikan usulan TPP kita dengan  rumusan pada Aplikasi Simona. Agar Kemendagri dapat menyetujui usulan TPP kita," tambahnya.

Dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 900-4700 Tahun 2020 tentang Tata Cara Persetujuan Menteri Dalam Negeri Terhadap Tambahan Penghasilan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Daerah bahwa, TPP ASN merupakan fungsi dari keberhasilan pelaksanaan penyelenggaraan pemerintah di daerah dan diharapkan dananya bersumber dari efisiensi/optimalisasi pagu anggaran belanja pemerintah daerah dan/atau peningkatan pendapatan daerah yang dihasilkan.

TPP ASN diberikan secara bertahap sesuai dengan kelas jabatan, indeks kapasitas fiskal daerah, indeks kemahalan konstruksi dan kemajuan keberhasilan/capaian indeks penyelenggaraan pemerintah daerah.

Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Babel, Fery Afriyanto menyebutkan, terdapat sejumlah poin penting dalam pemberian TPP.

"Untuk pemberian TPP itu sendiri, sesuai dengan Kepmendagri 900 - 4700 Tahun 2020, ada beberapa hal yang menjadi tolak ukur, yakni beban bekerja, tempat bertugas, kondisi kerja, prestasi kerja, kelangkaan profesi dan/atau pertimbangan objektif lainnya," terangnya.

Fery juga mengatakan, kemungkinan tidak ada kenaikan atau penurunan besar TPP secara drastis.

"Kemungkinan besar, besarannya tetap sama. Kalaupun ada pembulatan, tidak besar," katanya.

Terdapat 7 (tujuh) prinsip yang digunakan dalam pemberian TPP ASN pemerintah daerah, yakni kepastian hukum; akuntabel; proporsionalitas; efektif dan efisien; keadilan dan kesetaraan; kesejahteraan dan optimalisasi.

Perangkat Daerah (PD) yang hadir dalam rapat, antara lain Bakuda Babel, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) Babel, Biro Organisasi, Inspektorat Babel, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Babel.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
Natasya
Editor: 
Lisia Ayu