Sekda Minta Masyarakat Dukung Pelaksanaan ST 2013

Pangkalpinang - Masyarakat diminta memberikan data yang akurat untuk memperlancar pelaksanaan Sensus Pertanian (ST) 2013 yang akan dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pasalnya pasca pertambangan timah nanti, pertanian dapat menjadi sektor unggulan bagi Bangka Belitung.

Demikian disampaikan Imam Mardi Nugroho, Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat membacakan sambutan gubernur pada kegiatan Apel Siaga ST 2013, di halaman kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (8/3/2013). Sebagaimana diketahui, sensus pertanian dijadwalkan tanggal 1 hingga 31 Mei mendatang.

"Apel Siaga ST 2013 sebagai gerakan moral untuk memotivasi semangat, menyatukan niat serta langkah BPS dalam menghadapi berbagai kegiatan dan tantangan BPS ke depan, khususnya sensus pertanian 2013," kata Sekda.

Lebih jauh ia menjelaskan, BPS akan melakukan sensus pertanian di seluruh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Data yang dihasilkan ST 2013 diharapkan dapat memberikan gambaran secara aktual mengenai kondisi pertanian di Bangka Belitung. Selanjutnya dapat disusun program guna pengembangan sektor pertanian dengan cermat dan akurat.

Provinsi Bangka Belitung dikenal sebagai penghasil timah putih dengan menyumbang ekspor timah terbesar di Indonesia. Dikatakan Sekda, namun sektor pertambangan ini merupakan sumber daya alam tidak terbarukan, sehingga perlu bersiap-siap bila sektor ini tidak menghasilkan lagi. Sementara sektor pertanian merupakan sumber daya alam terbarukan yang dapat menjadi sumber daya alternatif.

"Subsektor pertanian yang menjadi unggulan adalah, perkebunan yaitu lada putih, karet dan kelapa sawit. Dalam setahun terakhir, produksi lada putih mengalami peningkatan sebesar 18,4 persen pada tahun 2010 dan 52,8 persen di tahun 2011," jelasnya.

Sementara peningkatan produksi karet sebesar 43, 47 persen di tahun 2010, sementara di tahun berikutnya meningkat 2,57 persen. Sekda menjelaskan, untuk sektor perikanan yang juga menjadi komoditi unggulan yang menjanjikan. Pertumbuhan potensi perikanan tahun 2010 sebesar 4,01 persen, sedangkan tahun 2011 meningkat cukup signifikan yaitu sebesar 20,77 persen.

Hasil pendataan ST 2013 yang akan dikumpulkan petugas di lapangan merupakan dasar dari penentuan kebijakan pertanian yang sangat berguna tidak hanya bagi petani, tetapi bagi seluruh masyarakat. Data pertanian yang dikumpulkan dapat memetakan kondisi pertanian di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara aktual.

"Saya berharap BPS dapat melakukan sensus ini dengan sebaik-baiknya. Kerja keras BPS dalam melakukan pendataan ST 2013 sangat bergantung pada masyarakat untuk memberikan informasi yang sebenar-benarnya. Untuk itu, pemerintah terkait agar memberikan dukungan dengan ikut mensosialisasikan pelaksanaan ST 2013 ini," tegasnya.(an/hzr)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto | Huzari