Sekda : Optimalkan Pengelolaan Layanan Pengaduan Masyarakat

PANGKALPINANG–Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Kep. Bangka Belitung, Yan Megawandi menghimbau agar layanan penanganan  pengaduan masyarakat yang dikelola oleh birokrasi pemerintah untuk lebih optimal.  Himbauan tersebut disampaikan Sekda Yan Megawandi saat membuka kegiatan workshop Akselerasi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik yang diinisasi oleh lembaga OMBUDSMAN hari ini Senin (29/04) di Cordela Hotel.

“ Mari kita optimalkan, manfaatkan dan kelola sistem layanan pengaduan masyarakat ini secara optimal dan bersama-sama”, ungkap Sekda.

Salah satu wujud penilaian akan akuntabilitas pemerintah, dijelaskan Sekda salah satunya adalah dilihat dari pengelolaan layanan pengaduan masyarakat.

“ Salah satu hal pokok dan penting juga dalam penyelenggaraan pemerintahan itu adalah apa yang kita (red: pemerintah) sebut dengan partisipasi masyarakat, secara substansi layanan pengaduan publik ini memang menjadi salah satu pintu untuk bisa masyarakat berpartisipasi,” ungkap Sekda.

Layanan pengaduan yang  disediakan oleh pemerintah seperti halnya layanan pengaduan berbasis elektronik seperti aplikasi lapor.sp4n.go.id, diungkapkan Sekda juga merupakan suatu fasilitas bagi masyarakat untuk menyampaikan informasi yang sifatnya masukan mana kala pelayanan yang diterima tidak sesuai

Selain manfaatannya sebagai ruang partisipasi publik, menurut Sekda bahwa layanan pengaduan juga menjadi satu bahan rujukan bagi pemerintah.

“ kita (red: pemerintah) sering melihat pengaduan masyarakat ini sebagai sesuatu yang negative, di mana jika kita mendapatkan komplain atau pengaduan dari masyarakat itu menjadi alat juga bagi pemerintah untuk mengevaluasi apakah benar yang dikeluhkan masyarakat ini dan apakah memang ada hal yang perlu pemerintah sempurnakan kedepannya”, tutur Sekda.

Lebih jauh Sekda menjelaskan adapun pengelolaan pengaduan masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah sejalan dengan UU No.25 tahun 2009 tentang pengaduan yang mengamanatkan pemerintah sebagai penyelenggara pemerintahan untuk memberikan pelayanan yang baik sesuai dengan asas penyelenggaraan pelayanan publik.

“ karena itu secara susbtansi layanan pengaduan masyarakat ini juga menjadi salah satu pintu masyarakat untuk berpartisipasi dengan langsung, cepat untuk itu perlu dikelola secara optimal,” tutur Sekda.

Kegiatan workshop siang itu diikuti oleh ASN pengelola dan admin dari layanan pengaduan lapor.go.id. Turut memberikan materi pada pelaksanaan workshop siang itu dari OMBUDSMAN Pusat dan Kepala Inspektorat Pemerintah Provinsi Kep. Bangka Belitung.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Dokumen OMBUDSMAN Babel
Editor: 
Fitra