Sekda Respon Positif Kebijakan Satu Peta IGT di Babel

Pangkalpinang - Sekretaris Daerah Provinsi Bangka Belitung Yan Megawandi merespon positif kebijakan satu peta Informasi Geopasial Tematik (IGT) di Bangka Belitung. Saat membuka acara Rapat Koordinasi Klinik Validasi IGT dan Survey Lapangan Sinkronisasi Kebijakan Satu Peta di Provinsi Bangka Belitung Tahun 2019 di Ruang Batu Rakit Rumah Dinas Gubernur Babel, Kamis (4/4/2019) mengatakan kebijakan ini jika diimplementasikan di Provinsi Bangka Belitung akan sangat membantu pekerjaan pemerintah di berbagai sektor. Tampak hadir Asisten Deputi Penataan Ruang dan Kawasam Ekonomi Khusus Kementerian Perekonomian RI, Ir.Dodi Slamet Riadi,M.Sc serta M.Yunus Kabid Tata Ruang DUPR Babel pada rapat tersebut.
 
Yan berharap seluruh sektor di lembaga pemerintahan Provinsi Bangka Belitung dapat masuk database sehingga mempermudah validasi data. Ia juga berharap kebijakan ini dapat meminimalisir permasalahan data di Babel. Menurutnya Bangka Belitung sudah sejak lama ingin mewujudkan kebijakan satu peta ini, namun berbagai kendala terutama anggaran menjadi salah satu hambatan.
 
" Ini pencerahan baru bagaimana mewujudkan dan mengelola sistem kebijakan IGT satu peta di Babel. Sudah saatnya kita mengimplementasikan ini. Pada saat Musrenbang Provinsi nanti, kita akan membahas anggaran terkait kebijakan ini, " ungkapnya.
 
Seperti yang diketahui, tujuan dari kebijakan satu peta IGT ini adalah untuk mewujudkan satu peta yang mengacu pada satu referensi geopasial, satu standar, satu basis data dan satu geoportal pada tingkat ketelitian peta skala 1:50.000. Kedepan, Yan juga berharap agar sistem satu peta IGT ini dapat membantu pengembangan KEK pariwisata yang ada di Babel.
 
" Sejak tiga tahun lalu, kami sudah pernah mengajak Kementerian Pariwisata untuk mengimplementasikan kebijakan satu peta ini dalam mengembangkan KEK pariwisata di Babel. Saya rasa ini waktu yang tepat untuk mewujudkannya, " kata Yan.
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Fitra