Sektor Kelautan dan Perikanan Jadi Fokus Pembahasan Rakor PTSP

Pangkalanbaru--Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu (DPMPTSP) Provinsi  Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Rapat Koordinasi Forum PTSP se Provinsi Bangka Belitung di Soll Marina Hotel pada Selasa (16/07/2019). 
 
Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini lebih terfokus untuk membahas sektor kelautan dan perikanan dimana sektor ini menjadi sektor unggulan perekonomian di Bangka Belitung.

"Bangka Belitung memiliki luas perairan sekitar 79,9 dari keseluruhan luas wilayah dan menjadikan sektor kelautan dan perikanan sebagai sektor unggulan perekonomian di Provinsi Bangka Belitung," ungkap Suranto Wibowo Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Bangka Belitung saat membuka acara Rakor PTSP.

Menurutnya, adapun potensi pada sektor kelautan dan perikanan diantaranya berupa penggelolaan perikanan, budidaya perikanan maupun perikanan tangkap yang menyerap banyak tenaga kerja.

"Ini adalah salah satu upaya dalam mendukung kegiatan pelaku usaha pada sektor kelautan dan perikanan adalah dengan meningkatkan kualitas sistem pelayanan perizinan yaitu melalui perbaikan prosedur pelayanan dan kemudahan birokrasi pelayanan perizinan yang berorientasi pada kecepatan, transparan, sederhana, mudah dan memberikan kepastian," papar Suranto.

Lebih lanjut Suranto menjelaskan bahwa didalam hal ini perlu besama-sama terus berbenah agar pelayanan yang diberikan kepada pelaku usaha khususnya pada perizinan sektor kelautan dan perikanan dapat menjadi lebih baik dengan dukungan dari semua pihak, terutama dukungan dari pimpinan daerah dalam pengambil kebijakan.

Suranto berharap dengan adanya kegiatan rapat koordinasi forum PTSP se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini dapat memberikan pemahaman kepada penyelenggaraan PTSP dan tim teknis di daerah baik di provinsi maupun di Kabupaten/Kota terkait implementasi dan sinergitas pelaksanaan perundang-undangan khususnya perizinan pada sektor kelautan dan perikanan.

"Diharapkan dengan adanya kebijakan terhadap kemudahan perizinan sektor kelautan dan perikanan dapat menjadi solusi dalam mengatasi aktifitas penangkapan sumber daya laut secara legal yang akan memberikan dampak pada sektor perekonomian di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," jelas Suranto.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Evani