Semua Pihak harus Berperan dalam Promosi dan Pengembangan Pariwisata Babel

PANGKALPINANG--Promosi dan pengembangan pariwisata Bangka Belitung tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah, namun harus dilakukan secara bersama antara pemda, pelaku pariwisata, dan kelompok masyarakat. Untuk itu perlunya kerja bersama untuk mengembangkan dan memajukan pariwisata Babel. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rivai, mengungkapkan, dengan berkaloborasi semua pihak itu maka pariwisata Babel semakin maju dan berkembang.

“Tugas pemerintah dan peran GenPI yakni mempromosikan pariwisata, tidak dapat berjalan sendiri. Harus melibatkan stakeholders pariwisata lainnya agar ada suatu keselarasan dari upaya promosi pariwisata itu sendiri,” ungkap Rivai pada acara Kopi Darat GenPI Babel, di Rumah Mahligai Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Air Itam, Pangkalpinang, Kamis (31/1/2019).

Acara kopi darat ini dihadiri sekitar 100 peserta yang berasal dari instansi pemerintah terkait dan stakeholders pariwisata. 

Dikatakan Rivai, ada empat hal penting dalam dunia kepariwisataan yang harus diperhatikan.

“Ada empat hal yang penting kita perhatikan bersama, yakni destinasi pariwisatanya, bagaimana pemasaran akan destinasi tersebut, kemudian bagaimana mempersiapkan SDM termasuk kelembagaannya, dan juga industri pendukung terkait,” jelasnya.

Sementara itu Asisten Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Pemprov Babel, Syahrudin, mengungkapkan bahwa  setiap kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung harus menampilkan karakter potensi pariwisatanya yang kuat dan berbeda satu sama lain. Untuk itu potensi dengan karakteristik yang berbeda itu harus digali dan dikembangkan.

“Potensi pariwisata itu harus lebih spesifik. Jangan setiap kabupaten/kota menampilkan pantai semua. Cari satu kekhasan dan gali lebih dalam, serta kelola dengan kreativitas tinggi,” kata Syahrudin.

Syahrudin mengatakan bahwa potensi yang beragam dan berbeda dari setiap kabupaten/kota memungkinkan length of stay wisatawan semakin panjang.

“Kalau hanya melihat pantai, satu atau dua hari juga selesai. Tapi kalau kita punya potensi wisata lain yang belum dikunjungi wisatawan, ini akan member kesempatan mereka untuk menjelajah lebih lama. Tidak hanya lihat pantai, lalu pulang,” katanya.

Sementara Ketua GenPI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Iman Taufik  mengatakan bahwa dirinya berharap sebagai komunitas yang berfokus mempromosikan pariwisata, GenPI dapat memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan pariwisata Bangka Belitung.

“Melalui acara hari ini, kita ingin berdiskusi dengan para stakeholder, bagaimana kita dapat membangun dan mengoptimalkan destinasi wisata baru yang mendorong potensi, kearifan, dan budaya lokal,” kata Iman.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
Rafiq Elzan
Editor: 
Mamaq