Sepakbola Porwil IX : Babel Bungkam Lampung 2-0

PANGKALPINANG- Pada laga perdana Group B Porwil IX Sumatera di Stadion Depati Amir, Pangkalpinang, Sabtu Sore (14/11). Kesebelasan tuan rumah Bangka Belitung (Babel) mampu menuai hasil positif, tatkala menghempaskan kesebelasan Lampung. Pada laga yang dipimpin wasit, Novendri, Babel berhasil unggul cepat lewat gol Eka Dwi Susanto saat pertandingan belum genap 1 menit pasca peluit kick off dibunyikan.

Gol berawal dari kreasi serangan dari kiri pertahanan Lampung melalui umpan tarik dari Arif Samudra kepada Eka Dwi Susanto dan seketika disambar Eka dengan tendangan Canon Ball di area kotak penalti. Penjaga gawang Lampung, Alex Sander bereaksi namun tidak mampu menahan kerasnya hujaman kaki kanan Eka.

Gol cepat, kian membuat aliran serangan Babel kian menjadi. Alhasil, peluang emas tercipta menit ke 9, sepakan keras dari Sandi Pratama nyaris berbuah gol, namun bola masih diselamatkan mistar gawang. hingga kedudukan pun masih tetap 1-0. Hingga peluit babak pertama ditiupkan tidak ada gol lagi yang tercipta.

Benar saja peluang emas kembali didapat anak asuh Lapril AS dimenit ke-3, umpan crosing dari sisi kiri lapangan mendarat tepat di kepala Arif Samudra, lalu menanduknya kegawang lawan. Sayang tandungan pemain bernomor punggung 16 ini, masih bisa dihalau penjaga gawang Lampung yang dijaga ketat Alex Sander.

Lampung yang mencoba keluar dari tekanan, dimenit 15 punya peluang emas melalui tendangan bebas, sayang tendangan pemain bernomor punggung 10 melambung tipis diatas mistar gawang Babel yang dijaga ketat Faisal Fahri.

Peluang kembali didapat Babel, tendangan keras pemain bernomor punggung 19, dari luar kotak penalti nyaris nemanbah keunggulan Babel, namun lagi-lagi Alex tampil gemilang, dengan menepis tendangan tersebut.

Memasuki babak kedua, Lampung berupaya mengambil inisiatif serangan. Namun masih saja Lampung masih kesulitan menembus benteng pertahanan kesebelasan negeri penghasil timah ini. memasuki menit 70-an ritme permainan kedua kesebelasan mulai berimbang, lampung  sesekali berupaya mengkreasikan serangan melalui playmaker, Rizkita Wilangga. Namun kerap berhasil dihadang barisan pertahanan Babel yang dikomandoi Ari Ariyandika.

Sementara itu, Gelandang serang Babel, Dean Nurhasi yang acapkali menyusuri sisi kanan pertahanan Lampung membuat barisan pertahanan daerah ber ikon gajah ini kocar-kacir. Penjaga gawang Lampung Alex Sander sesekali berteriak keras mengingatkan rekan-rekannya agar terus menempel Dean.

Frustrasi dengan disiplinnya permainan yang diperagakan anak-anak Babel, pemain Lampung berupaya memperagakan permainan  menjurus kasar, alhasil wasit menghajar dengan kartu kuning.

10 menit terakhir, Tim Lampung mulai mengurung pertahan Babel, peluang  pun didapat di menit 79, tim Lampung nyaris menyamakan skor, namun tiang gawang menjadi penyelamat tim tuan rumah kali ini.

Keasikan menyerang, gawang Lampung malah kembali kebobolan saat waktu normal tersisa 4 menit melalui nomor punggung 15 Rendi Yono, pemain yang menggantikan Arif Samudra dibabak kedua. Hingga peluit panjang dibunyikan skor tetap 2-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Sementara itu, dilaga sebelumnya tim Sumatera Selatan (Sumsel) juga mampu menoreh hasil positif dengan membungkam Jambi dengan agregat 2-0. Sumsel yang banyak dihuni pemain Sriwijaya U-21 tampak tak kesulitan menghadapi Jambi. Dengan torehan ini Sumsel bertengger di peringkat 2 klasemen Grup B dengan 3 poin. Sementara Babel yang juga memperoleh poin sama 3 poin juga dengan selisih gol unggul dalam minimnya akumulasi kartu.

Laga Grup ini kembali akan digelar Senin (16/11), laga pertama akan dipertandingkan antara Sumsel vs Lampung pukul 14.00 WIB. Sementara laga kedua, tuan rumah Porwil Babel kembali melakoni pertandingan melawan Jambi, pukul 16.00 WIB. 

Menang, Lapril Belum Puas

Kendati mampu meraih 3 poin sempurna dilaga perdana grup B Porwil IX Sumatera, usai melibas kesebelasan Lampung dengan 2-0 di Stadion Depati Amir Pangkalpinang, Sabtu sore (14/11). Pelatih Sepakbola Porwil Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Lapril, A.S, mengaku belum puas dengan penampilan anak asuhnya. Menurut Lapril penampilan para pemainnya belum maksimal, terutama dalam penyelesaian akhir.

" Ya memang pemain kita kurang maksimal, tapi memberikan kemenangan yang sangat penting hari ini. Finishing kita kurang, Seharusnya kita bisa membuat lebih banyak gol, ada tiga peluang untuk bisa jadi gol, cuma karena pemain kita kurang tenang dalam penyelesaian, jadi finishing kurang maksimal," ungkapnya kepada wartawan.

Dijelaskan Lapril, dirinya mengintruksikan anak asuhnya agar memperkuat alur serangan dari lini tengah hingga mampu menguasai jalannya pertandingan.  "Dalam bermain kami memang mengadalkan pemain tengah. Untuk berikutnya kami akan bermain menyarang, karena target kita menang disemua pertandingan," umbarnya.

Dilaga berikutnya melawan Jambi, Senin (16/11), kesebelasan Babel yang akan didukung penuh supporter tuan rumah, diyakinkan pelatih yang masih menangani PS Bangka ini, akan tetap memperagakan permainan menyerang dan sekaligus memoles penyelesaian akhir yang dinilai masih kurang tenang.

"Ya kita akan perbaiki beberapa hal. Akan ada rotasi, beberapa pemain ada yang cedera. Finishing akan menjadi prioritas kita dalam perubahan di pertandingan berikutnya, juga tetap menyerang  tapi dalam bertahan bukan berarti kami abaikan," tekannya. (Fiz)

Sumber: 
PB Porwil
Penulis: 
Fiz