Sepakbola Porwil : Ukir Sejarah, Babel Lolos PON

PANGKALPINANG - Aksi heroik  kiper Faisal Fahri mementahkan eksekusi tendangan penalti Zoelfadhli dari Aceh, mampu mengantar kesebelasan Bangka Belitung meraih medali perunggu Porwil IX, Jumat (20/11).  Kebahagian kian menjadi, karena sepakbola Babel menorehkan sejarah untuk pertama kalinya lolos ke Pekan Olahraga Nasional. Tim Babel menang adu tos-tosan 6-5.

Dalam laga hidup mati tersebut,  Kedua tim tampil habis-habisan untuk mencetak gol kemenangan. Namun hingga 90 menit waktu normal, kedua kesebelasan tak satu pun  mencetak gol ke gawang lawan. Sehingga, pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti. Dalam laga tos-tosan tersebut, asa supporter tuan rumah sangat besar saat kiper Babel Faisal Fahri mampu mementahkan tendangan Lutfi Fauzi dari Aceh. Namun saat skor penalti 4-4, Babel gagal melebarkan skor saat arah bola sepakan M Fadau mampu dibaca Ramanudin kiper Aceh.

Drama berlanjut, saat penendang keenam Babel, Dean Nurhaji sukses menyarangkan bola, begitu juga dengan penendang penalti keenam Aceh, Andri Muliadi. Andi Saputra yang mengambil tendangan penalti ketujuh, dengan tenang bisa menyarangkan bola ke sisi kiri. Sementara itu, Zoelfadhli yang menjadi penendang ketujuh Aceh giliran mengambil ancang-ancang berupaya mengecoh Fahri, namun sepakan datarnya mampu dihalau Fahri. Sontak seisi stadion bergemuruh, seluruh pemain berhamburan menuju Fahri si pahlawan, untuk melakukan  selebrasi kemenangan.

Usai selebrasi kemenangan, Faisal kepada wartawan hari ini mengaku sangat gembira bisa tampil heroik dihadapan ribuan supporter sendiri. Aksi ini, kata dia sebagai penebus dosa blunder dilaga sebelumnya.

"Kemarin kesalahan itu terjadi karena kurang komunikasi antar pemain," ujarnya. Untuk itu, kata Faisal dirinya merasa bersyukur telah bisa tampil cemerlang dalam laga menentukan ini.

"Alhamdulillah dengan penyelamatan tadi saya tentu sangat senang. Apalagi kemarin saya jadi pecundang sekarang jadi pahlawan," ungkap Faisal dengan raut  gembira.

Usai selebrasi kemenangan, Lapril kepada sejumlah wartawan menyampaikan bahwa dirinya  mengapresiasi perjuangan anak asuhnya yang mati-matian memenangkan pertandingan.

"Alhamdulillah kita bisa menunaikan sejarah baru setelah berpuluh-puluh tahun kita tidak pernah ikut masuk dalam arena PON, hari ini dengan perjuangan gigih anak-anak mampu ukir sejarah lolos PON pertama kalinya," ungkapnya.

Menghadapi PON XIX Jawa Barat, pria yang sukses menghantarkan PS Bangka promosi ke divisi utama ini, menuturkan akan kembali mengevaluasi kemampuan pemain. Selain itu, kata Lapril dirinya juga kemungkinan akan menyaring pemain baru yang punya kualitas diatas rata-rata.

"Tentunya kita akan lakukan evaluasi karena diarena PON persaingan akan lebih ketat , kita mencari pemain yang punya kualitas agar kita bisa bersaing diarena PON nanti. Saya rasa persiapan harus lebih lama lagi, juara umum tanpa sepakbola tiada artinya. Harapan kami mudah-mudahan persiapan lebih lama lagi," terangnya.

Disinggung apakah akan mempertahankan skuad yang ada?. Lapril menjelaskan tidak akan merombak seluruh pemain. Hanya saja, menurutnya akan ada beberapa evaluasi untuk meningkatkan kesolidan tim.

"Kita memiliki banyak kelemahan. Terutama kita hanya punya 19 pemain, 3 penjaga gawang dan 16 pemain lapangan. Kita hanya kekurangan karena hanya dibatasi 20 pemain, kan idealnya 25 pemain seperti sumsel pemain yang diturunkan banyak pilihan, saya dipusingkan dengan pemain, apa boleh buat karena kondisi seperti itu mudah-mudahan nanti tidak dipusingkan lagi," pungkasnya.

Lolos PON Jadi Kado HUT Provinsi

Kemenangan Babel melawan Aceh dan sekaligus menghantarkan Laskar Serumpun Sebalai otomatis lolos PON XIX, Jawa Barat, merupakan kado besar bagi Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 15.

Sekretaris Umum (Sekum) PSSI Pengprov Babel Yuri Irsano menyampaikan bahwa kemenangan kesebelasan Laskar Serumpun Sebalai merupakan kado spesial bagi HUT Provinsi ke-15.

"Kita berikan ucapan selamat kepada tim sepak bola Babel, juga kepada coach Lapril. Kemenangan ini jadi hadiah atau kado bagi hari ulang tahun Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke 15, walau  cuma dapat perunggu namun sepakbola Babel berhasil lolos PON," tukasnya.(Fiz)

Sumber: 
PB Porwil
Penulis: 
Fiz