Sepuluh Yacht Merapat di Pantai Batu Panjang Beriga

Bangka Tengah - Sebanyak sepuluh yacht (kapal layar ringan) merapat di Pantai Batu Panjang, Desa Beriga, Kecamatan Lubuk, Kabupaten Bangka Tengah. Keberadaan yacht di pantai tersebut merupakan rangkaian acara Sail Komodo 2013. Sebelumnya, wisatawan asing ini sempat merapat di Pantai Serdang, Kabupaten Belitung Timur.

Kegiatan Sail Komodo menjadi salah satu kesempatan bagi pemda di wilayah Bangka Belitung untuk mempromosikan sektor wisata dan budaya setempat, khususnya daerah-daerah persinggahan yachter. Pantauan babelprov.go.id di kawasan Pantai Batu Panjang, Jumat (18/10/2013) sekitar pukul 14.45 WIB, sejumlah yachter merapat ke darat dan berbaur bersama masyarakat. Tampak masyarakat menyambut yachter ini dengan antusias.

Tak hanya ingin berjabat tangan, sebab beberapa masyarakat setempat juga ada yang ingin berfose bersama. Keinginan dan keramahtamahan masyarakat tersebut mendapat sambutan baik dari wisatawan asing. Merespon antusias masyarakat setempat, beberapa wisatawan rombongan yacht Sail Komodo 2013 membagikan permen kepada anak-anak.

Sebagaimana dijadwalkan, terdapat beberapa rangkaian acara yang akan digelar di pantai tersebut. Sejumlah acara ini di antaranya, bersih-bersih pantai, festival seni dan budaya, the Bangka Tengah tour, perlombaan olahraga tradisional, penanaman pohon, nikah massal dan farewell party.

Marzuki, Kadus Batu Bariga menjelaskan, persiapan untuk menyambut yachter di Pantai Batu Panjang Bariga ini telah dilakukan sejak satu minggu sebelum acara dimulai. Masyarakat menyambut baik dan antusias dengan kedatangan para wisatawan asing tersebut. Yachter mulai merapat ke pantai ini sejak, Rabu (16/10) lalu, atau sehari setelah perayaan Idul Adha.

"Untuk meramaikan kegiatan ini, nanti ada festival seni budaya, dan perlombaan bermain gasing baik untuk anak-anak maupun dewasa. Ada juga perlombaan tarik tambang, dan semua kegiatan tersebut sebagai upaya untuk meramaikan kegiatan ini," jelasnya.

Memulai rangkaian kegiatan, Erzaldi Bupati Bangka Tengah bersama aparatur pemerintah dan masyarakat setempat secara bergotong royong membersihkan Pantai Batu Panjang, Beriga. Kegiatan yang dimulai sejak pagi hari tersebut berakhir jelang salat jumat. Usai pelaksanaan salat Jumat, masyarakat kembali memenuhi kawasan pantai.

Sore hari sekitar pukul 15.00 WIB, panitia kegiatan memulai festival campak, dambus, rudat dan rabana tingkat Kabupaten Bangka Tengah tahun 2013. Selain memperkenalkan budaya Bangka Belitung kepada wisatawan asing, kegiatan ini juga bertujuan untuk melestarikan kesenian budaya daerah. Sebanyak sepuluh peserta yang akan mengikuti kegiatan ini.

Dijadwalkan, acara yang cukup unik dan menarik yakni nikah massal akan digelar pada Minggu (20/10). Informasi sementara yang dihimpun babelprov.go.id, terdapat enam pasang pengantin akan menikah pada rangkaian acara bertaraf internasional tersebut.(hzr/adit/an/rf).

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Rizky
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari